Apa Sih, Manfaat Ngeblog?

manfaat-ngeblogBuat yang masih galau nih, buat apa sih kita ngeblog? Buang-buang waktu aja! Eit, jangan salah, coba kamu simak dulu yang berikut ini ya, karena ternyata buanyak sekali manfaat ngeblog itu lho…

#1 Get a Better Job

Blog bisa membuat kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang sekarang.

Menurut MediaBistro, 9 dari 10 perusahaan memeriksa profile online sebelum merekrutnya. Para bos dan manajer perushaan ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di dunia online.

Blogging adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengaruh online itu. Dengan ngeblog, kita mencantumkan profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam posting atau isi (konten) blog.

Fotografer, desainer, dan sejenisnya, bisa posting karya-karyanya di blognya, juga berbagi tips yang menunjukkan keahliannya dalam bidang fotografi dan desain.

Ringkasnya, blog itu menjadi “personal branding” kita. Promosi online tentang keahlian dan identitas diri kita.

#2 Start a New Business

Blog bisa menjadi ajang bisnis. Kadang-kadang, awalnya ngeblog itu hanya hobi, tapi berkembang menjadi bisnis penuh waktu (full-time business).

Itulah yang dialami Pat Flynn. Awalnya ia ngeblog di Green Exam Academy hanya untuk sharing pemikiran dan ulasan tentang arsitektur. Ketika ia keluar dari pekerjaannya, ia memutuskan mengurus blognya lebih serius dan setahun kemudian blognya itu bisa medapatkan 100.000 dolar per tahun!

#3 Get More Clients to Your Existing Business

Mendapatkan tambahan klien dan relasi bisnis.

Website statis tidak menarik klien dan konsumen baru. Tapi, blog yang diupdate secara reguler, bisa memproduksi a constant stream of good leads from all around the world. Naon tah terjemahana?

Ketika Anda mempublikasikan posting blog “in-depth” yang membantu klien/pelanggan potensial untuk mengatasi masalah mereka, maka mereka akan datang kepada Anda dan respek kepada Anda sebagai ahli di bidang itu. Jika mereka butuh bantuan lebih, mereka kemungkinan akan tertarik untuk merekrut Anda atau mengundang Anda.

#4 Become a Better Writer

Menjadi penulis yang lebih baik. Blog itu mengasah keterampilan menulis. Cara terbaik latihan menulis ya ngeblog!

The only way to become a better writer is to write – pages and pages, day after day. The more you blog, the more you write – and the better writer you become.

#5 Become a Published Author

Menjadi penulis di media. Ngeblog bukan saja cara yang baik untuk menjadi penulis yang lebih baik, tapi juga bisa menjadi jalan tercepatr untuk menjadi penulis di media massa –menulis artikel opini dan mendapatkan honor tulisan.

#6 Get Immediate Feedback

Mendapatkan umpan balik yang cepat. Penulis buku harus menunggu waktu lama untuk mendapatkan umpan balik atas bukunya. Tapi blogger bisa mendapatkan umpan balik di hari yang sama saat ia klik “Publish”.

Itulah yang menjadikan blog sebagai cara terhebat untuk mendapatkan feedback atas ide atau pemikiran Anda.

#7 Learn More About a Group of People

Belajar lebih banyak tentang karakter dan minat orang. Kita akan tahu tema atau tulisan apa yang disukai pembaca dari jumlah like, share, dan komentar, juga dari posting terpopuler yang bisa dilihat di statistik blog dan Google Analytic.

#8 Gain Influence

Meraih pengaruh. Apa cara terbaik untuk menguah dunia? Anda bisa menjadi politisi, aktivis, atau relawan (volunteer). Jika ketiganya tidak Anda lakukan, maka menjadi blogger alternatif terbaiknya! Blogger yang sukses akan meraih fans, pengagum, kepercayaan, dan respek.

#9 Establish Yourself as an Expert in Your Field

Memapankan dan meningkatkan keahlian. Dengan ngeblog, wawasan dan keahlian kita akan meningkat di bidang tertentu yang menjadi “niche” blog kita.

Tiap orang bisa mulai ngeblog tentang apa saja yang mereka sukai atau kuasai. Ngeblog soal blogging, akan menunjukkan keahlian blogging, demikian pula ngeblog soal jurnalistik, akan menunjukkan kemahiran Anda di bidang itu. Dengan menjadi ahli dalam suatu bidang, Anda akan mendapatkan karier yang lebih baik, penghargaan, dan kesempatan menjadi konsultan.

#10 Build a Network

Membangun jaringan. Ini pasti. Ngeblog menjamin Anda akan memiliki jaringan –pertemanan dan bisnis. “The richest people in the world build networks. Everyone else looks for work,” kata Robert Kiyosaki.

#11 Learn In-Demand Skills

Dengan ngeblog, kita otomatis akan learning by doing soal desain web, HTM, dan CSS yang merupakan “keterampilan bernilai tinggi” (highly valued skills) di msa kini dan masa depan. Kita juga akan belajar desain grafis, marketing, dan pemasaran sosial media.

#12 Improve Your SEO

Sama seperti no. 11, ngeblog akan membuat kita akrab dengan SEO (Search Engine Optimization), yakni sebuah proses, teknik, trik yang bertujuan menjadikan posting blog atau website cepat terindeks Google atau mesin pencari lainnya dan mendapatkan peringkat teratas di halaman hasil pencarian (SERP, Search Engine Result Page).

#13 Collect Emails

Mengumpulkan email. Meskipun sudah ada media sosial, tapi email masih menjadi sarana komunikasi online andalan. Orang biasa mengecek email secara reguler. Ngeblog membuka jalan untuk “koleksi email” dari komentar ataupun dari pengunjung yang langsung kirim email ke Anda. (Maka, jangan lupa membuat halaman “about me” atau “hubungi saya” di navigasi menu blog Anda).

#14 Stay Knowledgeable in Your Field

Pengetahuan Anda tentang info terkini dan bidang keahlian Anda akan terus terbarui. Saat menulis posting, Anda akan Googling dulu untuk mencari data atau “ngintip” tulisan blogger lain tentang tema yang Anda angkat.

#15 Sell a Product

Blog bisa menjadi sarana pemasaran online. Anda bisa menjual produk. Benar, di Facebook pun bisa, tapi ingat…. mayoritas Facebooker tidak suka iklan!

#16 Talk to Your Idols

Blog bisa menjadi medium ngobrol dengan idola Anda.

#17 Express Yourself

Blogging is powerful form of self-expression. Ngeblogh itu bentuk terkuat untuk ekspresi diri, bahkan sekadar menunjukkan video atau gambar favorit Anda.

#18 Help Others

Blog yang baik berisi posting yang bermanfaat bagi pembaca. Anda bisa berbagi soal makanan yang enak, tips mengurus burung kenari, dan sebagainya. Dengan ngeblog, Anda sedekah ilmu dan menginspirasi orang banyak.

#19 Build Trust Online

Blog membangun kepercayaan online. You can’t buy trust! Anda tidak bisa membelu kepercayaan. Ia bisa diraih dengan menunjukkan komitmen kepada pembaca. Poin ini terkait dengan poin #9.

#20 Take Control of Your Online Identity

Blog itu menjadi “biodata online” atau “profil online” Anda. Anda akan dikenal dan dikenali. Orang akan mudah mengetahui siapa Anda lewat blog yang Anda miliki.

Nah, itulah segambreng manfaat ngeblog buat kita yang saya contek dari romelteamedia.com, jadi buat yang belum punya buruan bikin blog, buat yang sudah punya jangan lupa update terus tulisannya (perasaan pesan kedua ini buat diriku deh heheh…).

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik sebagai penulis bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak sejak tahun 2002 dengan cerbung berjudul Putri Kejawen. Media yang pernah menulis karyanya seperti Majalah Kartini, Paras, Ummi, Suara Pembaruan, Warta Kota, dan juga koran daerah. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku.


One thought on “Apa Sih, Manfaat Ngeblog?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *