Blogger Muslimah Meet Up

Mempersiapkan sebuah acara bagi komunitas Blogger Muslimah membuat kesibukan saya di minggu terakhir terasa sangat padat. Karena tiap hari juga masih harus ngantor, ngurus anak-anak dan sebagainya. Tapi tanggung jawab tetap harus ditunaikan apapun kondisinya, apalagi ini menyangkut orang banyak. Baiklah, semua memang harus disiapkan. Mulai dari desain banner, cetak ini itu, memastikan sponsor ready, bentuk dan susunan acara, meeting bersama panitia yang banyak membantu, hingga materi yang akan saya sampaikan di acara bertajuk Blogger Muslimah Meet Up tersebut. Acara dibagi menjadi dua kategori, yaitu Literacy Class dan Beauty Class.

Literacy Class

Kegiatan ini mengangkat tema “Membaca Dunia, Menulis Semesta” yang merupakan tagline dari Blogger Muslimah sendiri. Literacy Class diisi dengan dua materi terkait literasi yaitu membongkar dunia penerbitan bersama Rahmadiyanti Rusdi, yang pernah sembilan tahun jadi redaktur sebuah majalah remaja dan sudah sembilan tahun pula mengelola penerbitan buku. Materi kedua tentang dasar-dasar penulisan fiksi, saya sendiri yang mengisi sebagai penulis fiksi sekaligus founder komunitas tercinta ini. 🙂

Oke, kita intip sedikit ya materi-materinya, biar kamu yang enggak sempat hadir bisa mengetahui sedikit banyaknya ilmu dan wawasan yang dibagikan kemarin.

Menurut Rahmadiyanti, sebuah buku terdiri dari satu ide dan empat unsur pendukungnya, yaitu Content, Context, Creativity dan Community. Sementara naskah yang dianggap brilian itu adalah naskah yang berangkat dari empat gagasan yaitu Kebutuhan Masyarakat, Momentum, Trend Kehidupan dan Potensi Tokoh atau penulisnya sendiri.

Rahmadiyanti mengatakan bahwa dunia penerbitan sangat dinamis. Dalam menerbitkan sebuah buku, setidaknya bersumber dari 3 faktor berikut:

  • Solicited à by program

           Momentum, kebutuhan masyarakat, potensi penulis, tren kehidupan

  • Unsolicited à kiriman naskah

         Bisa mendapatkan yang sesuai, bisa juga sangat tidak sesuai

  • Translated à penerjemahan

         Rajin melihat katalog/website penerbit luar negeri

Rahmadiyanti juga memberikan tips-tips menembus dunia penerbitan yang disambut penuh semangat oleh para peserta. Sesi tanya jawab juga berlangsung antusias di tengah pemaparan materi yang padat.

Materi kedua tentang dasar-dasar menulis fiksi yang dipresentasikan oleh saya sendiri sebagai founder Blogger Muslimah. Meskipun materinya sedikit namun pemaparan dari materi ini cukup panjang semestinya, hanya karena keterbatasan waktu membuat pemaparan pun dibuat sepadat mungkin. Beberapa materi bisa dilihat di materi presentasi berikut ini.

Jujur, sebagai pemateri saya kurang puas namun tetap bersyukur karena semua rangkaian acara bisa diselesaikan dengan baik. Waktu memang terasa sangat singkat, acara begitu padat. Sehingga ketika menyampaikan materi saya merasa kayak dikejar-kejar waktu. Gak maksimal. Padahal niatnya sudah keren banget, mau memberikan yang terbaik dari yang saya punya. Ehm! Tapi apa boleh buat, kondisi tak memungkinkan berpanjanglebar.

Beauty Class

Lalu Beauty Class sendiri diisi oleh produk kosmetik yang sudah sangat familiar di Indonesia yaitu Viva Cosmetics, yang dikenal sebagai bedaknya orang Indonesia. Masih ingat kan bedak tabur Viva yang dijuluki bedak karung? Itu adalah bedak saya sejak kecil hingga remaja.

Ibu Indah A, Edyanto sebagai Kepala Unit Hubungan Konsumen menyampaikan bahwa Viva yang sudah berusia 55 tahun menekankan pentingnya merawat kecantikan bagi perempuan di daerah tropis dengan produk yang juga disesuaikan dengan iklim tropis Indonesia. Mbak Erma dari Viva Cosmetics juga menyampaikan bagaimana cara merawat kecantikan setiap hari lewat presentasi lengkapnya.

Dengan kandungan bahan-bahan yang alami dan halal, serta pengalaman puluhan tahun, Viva memang memiliki tekstur dan kualitas yang sangat baik bagi kulit perempuan Indonesia. Ini terbukti dengan hasil yang didapat para peserta Beauty Class kemarin, wajah jadi terasa segar, ringan dan cantik. Sekarang Viva memiliki banyak produk baru dengan inovasi yang mampu memenuhi segala kebutuhan perawatan tubuh dan kecantikan. Viva juga sudah membuka Viva Beauty Center, pusat konsultasi dan perawatan kecantikan. Serunya, semua peserta mendapat voucher diskon 50% jika ingin melakukan perawatan di Viva Beauty Center.

Saya tentu ikut dong, kapan lagi belajar merawat kecantikan secara gratis dari pakarnya? Apalagi produknya gak perlu dikhawatirkan bikin alergi karena sudah pengalaman pakai Viva sejak zaman baheula. Dan ternyata…, hasil dari riasan hari itu membuat saya kagum sendiri, ternyata merias wajah gak sesulit yang saya bayangkan. Membersihkan dan merias secara benar membuat hasilnya juga memuaskan.

Alhamdulillah, acara berjalan lancar, ramai dan seru tentunya. Para peserta Blogger Muslimah Meet Up kali ini begitu antusias. Mereka merasa puas dan bersemangat setelah mengikuti berbagai rangkaian acara yang didukung penuh oleh Gogobli Indonesia sebagai market place yang menyediakan berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Kegiatan ini juga didukung oleh MargaW sebagai salah satu brand busana muslimah syar’i dengan kualitas premium. Hadir juga memeriahkan acara produk She Collection, salah satu produsen souvenir dan aksesoris yang bentuk produknya cantik dan lucu-lucu. Hadiah-hadiah pada acara ini juga dipersembahkan oleh Mozlaik Muslimah Fashion dan Heejou Bag.

Yang saya salut tentu Nutrifood Inspiring Center sebagai penyedia tempat acara, dengan berbagai dekorasi ruangan yang cantik dan unik. Suasananya hommy banget. Nutrifood juga dikenal sebagai perusahaan yang berusaha menerapkan pola hidup sehat, siapapun dilarang membawa makanan yang mengandung minyak seperti goreng-gorengan. Sangat inspiratif menurut saya.

Semoga di Blogger Muslimah Meet Up berikutnya, kita bisa kumpul-kumpul lagi, bikin acara lebih seru lagi. Oke, sampai jumpa di next event ya, Sahabat Muslimah!

 

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik sebagai penulis bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di Blogger Muslimah, saat ini masih aktif sebagai Manager Marketing dan Komunikasi di Asia Wisata, juga relawan di program Wonderful Indonesia.


20 thoughts on “Blogger Muslimah Meet Up

  1. Leila

    Kemarin penjelasannya udah enak disimak kok Uni, memang waktunya terasa kurang sih ya, tapi alhamdulillah kalau saya sih seneng nyimaknya :).

    Reply
  2. Denik

    Wah, dengan kondisi sibuk saja event yang digelar bisa semantap ini. Salut kepada semua panitia. Senang bisa menjadi bagian dari Blogger Muslimah Indonesia.

    Reply
  3. Amallia Sarah

    MasyaAllah uni… Aku merasa beruntung bisa hadir dalam meet up kemarin. Banyak sekali pengetahuan yang didapat, semoga bisa terus banyak belajar ya uni. Terima kasih untuk Blogger Muslimah Indonesia

    Reply
  4. Arin

    Bagi saya dipertemuan pertama dengan Blogger Muslimah Indonesia, uni sukses membuat acara meet upnya. semua masih berasa terkesan sampe sekarang. semoga masih bisa bersilaturahmi lagi ya denga Uni dan Temen-temen lain dari Blogger Muslimah. Aamiin…

    Reply
  5. Melysa Luthiasari

    Hai Uni Novia, terimakasih memberi saya kesempatan untuk ikut acara Meet Up Blogger Muslimah kmrn. Tapi sayang saya ga bisa ikut workshop menulis fiksinya. Padahal saya pengen banget belajar menulis fiksi.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *