Cara Memasang Video Youtube di Blog

Saya itu pelupa, apalagi untuk hal-hal yang tak tiap hari saya lakukan. Misalnya seperti judul di atas, tak tiap hari memasang video Youtube di Blog membuat saya suka lupa caranya. Jadinya pas kemaren mau memasang video untuk artikel 17 Fakta Terpopuler Ustadz Abdul Somad, saya mikir keras, kok videonya gak tampil, padahal kode embed-nya sudah saya copy paste ke Blog. Sebelumnya saya sudah pernah bisa. Rese sendiri sambil kulik-kulik artikel saya yang lama itu, sampai akhirnya… taraaaa! Saya pun ingat.

Maka agar cara memasang video Youtube di Blog ini tak gampang lupa maka saya coba buat deh tutorial sederhanya di sini. Kata bijak mengatakan; Ikatlah ilmu dengan menuliskannya! Siplah, saya tulis aja kalo gitu. Siapa tahu bagi yang belum paham caranya ikut terbantu membaca tutorial sederhana ini. Oya, ini khusus untuk Blog WordPress ya, Gaes.

Oke, kita praktikkan langsung ya.

Pertama

Buka halaman postingan kita di dashboard WordPress.

 

 

Kedua

Buka halaman Youtube yang akan kita tampilkan di Blog. Lalu klik BAGIKAN, selanjutnya klik SEMATKAN. Perhatikan panah pink!

 

 

Ketiga

Berikutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini. Klik SALIN untuk menyalin kode embed yang ada dalam blok biru. Kolom yang dicentang itu adalah pengaturan sesuai keinginan kita.

 

Keempat

Kembali ke halaman dashboard Blog kita. Pilih tombol Teks di pojok kanan atas untuk mengubah tampilan halaman dari Visual. Sesudah itu baru paste di tempat yang kita inginkan. Hasil paste kode embed terlihat seperti pada gambar kedua di bawah ini.

 

 

Kelima

Kembalikan halaman ke bentuk Visual. Maka akan terlihatlah video yang kita inginkan sudah terpasang dengan sempurna. Beres!

Nah, mudah kan sebenarnya. Cuma kalau sudah lupa ya rasanya bikin pusing sendiri. Oke, sekian tutorial sederhana Cara Memasang Video Youtube di Blog ala-ala saya. Semoga setelah ini saya tidak akan lupa lagi hehe… Dan bagi yang belum tahu semoga artikel singkat ini bermanfaat ya.

Salam Blogging!

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dan budaya, aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di komunitas Blogger Muslimah Indonesia, saat ini juga jadi Tour Planner di program Muslimah Trip, dan masih aktif sebagai relawan GenPi bentukan Kemenpar untuk Halal Tourism Indonesia.


2 thoughts on “Cara Memasang Video Youtube di Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *