Cara Mulai Ngeblog di WordPress

Baiklah, meski saya bukan pakar blog, ya minimal bisalah ngasih tau cara bikin blog dari nol. Buat yang sudah punya dan sudah mahir, anggap aja tulisan ini sebagai hiburan 😀

Oke, sebelum mulai dengan Step 1, saya kasih tau dulu ya, bahwa tutorial ini saya khususkan bagi WordPress yang memang menurut saya lebih keren. Karena WordPress adalah platform yang open source, dilengkapi plugin-plugin multi fungsi yang terus diperbarui dan bisa diinstal langsung dari dashboard sesuai kebutuhan kita. Tak bisa dipungkiri lagi, saat ini berbagai perusahaan besar hingga situs pemerintah telah menggunakan WordPress sebagai platform mereka. Dan saya adalah pengguna setia WordPress sejak tahun 2008.

Baiklah, kita mulai saja tutorial sederhana ini…

Step 1: Kita mulai dengan membuka web penyedia layanannya yaitu www.wordpress.com. Untuk yang berbahasa Indonesia klik yang ini www.id.wordpress.com  ya! Lalu klik Create Website.

 

 

Step 2: Nah, sekarang pilih theme atau tema yang kita sukai.

 

 

Step 3: Tulis nama blog (domain) yang kita inginkan. Misalnya: blognovia.wordpress.com (gratisan) atau blognovia.com (berbayar). Di sini akan dicek ketersediaan nama domain tersebut.

 

 

Step 4: Di sini ada pilihan, mau yang berbayar atau yang gratisan. Jika mau yang gratisan klik yang paling atas.

 

 

Step 5: Selanjutnya klik yang Free.

 

 

Step 6: Nah sekarang isi alamat email, user name yang akan digunakan serta password untuk blog kita. Kemudian klik Create My Account.

 

 

Step 7: Sampai di sini, pastikan email WordPress yang masuk ke email kita untuk dikonfirmasi terlebih dahulu.

 

 

Step 8: Nah blog sudah siap digunakan. Klik Start a Post untuk membuat postingan pertama.

 

 

Step 9: Sampai di sini sudah pahamlah ya. Tinggal tulis judul di bagian atas dan isi postingan di bagian bawah.

 

 

Step 10: Contoh sederhana postingan. Jangan lupa klik tombol Publish agar postingan tampil di halaman depan blog.

 

 

Step 11: Sebagai bukti postingan kita sukses, akan muncul tulisan hijau seperti di bagian atas itu. Klik View Post untuk melihat hasilnya.

 

 

Step 12: Nah, beginilah wajah blog kita jika dilihat dari depan. Masih polos ya, hehe…

 

 

Oke, selesai sudah tutorial sederhana Cara Mulai Ngeblog di WordPress. Gimana dong biar tampilannya gak polos-polos amat? Sepertinya kita butuh tutorial tahap kedua ya, Gaes. Kalau di sini semua kepanjangan, bikin boring.

Jika kamu penasaran kenapa WordPress semakin banyak dipilih baik untuk blog pribadi maupun untuk situs-situs perusahaan, kamu bisa juga membaca informasi menarik dari Tutorial Hostinger. Cukup banyak artikel yang mengulas kelebihan-kelebihan WordPress, kamu bisa dengan mudah menemukannya dan dengan WordPress kita tak perlu pusing dengan berbagai kode HTML, karena tujuan inti dari ngeblog sejatinya adalah menulis konten dengan baik, maka pastikan fokus di situ.

See you next tutorial!

Baca juga: Bagaimana membangun konflik dan klimak dalam tulisan!

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di komunitas Blogger Muslimah Indonesia, saat ini juga jadi Tour Planner di program Muslimah Trip, dan masih senang jadi relawan Kemenpar untuk Wonderful Indonesia.


25 thoughts on “Cara Mulai Ngeblog di WordPress

  1. Dian Restu Agustina

    Mbak, saya kudet banget..
    Tahu WP pas sudah punya Blogspot..Jadilah, oh tidak..!Tahu gitu, dulu WordPress saja..Tapi mungkin nanti kalau ada rencana mau ternak blog, bikin WP saja. 🙂

    Reply
  2. Dewi

    Aku dari dlu pake wp uni, dari yg free dan berbayar. Cuma emg kudet ya jd bingung jg kdg kalo dibilang orang2 kalo wp itu keren wkwkw. Ditunggu next tutorialnya un 😀

    Reply
  3. Arin

    wahduh aku beberapa kali bikin blog tp bukan WP… malah nyoba sekali pun blm pernah.. Dulu mikirnya yg penting mau nulis dan trbiasa. Kapan2 coba ah, makasi y uni uda bahas cara buat blog di WP

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *