Grand Launching Oppo F7 dan 5 Tahun Oppo Indonesia

Menghadiri undangan peluncuran produk terbaru Oppo Indonesia tanggal 16 April 2018 kemarin membuat saya tak sabar untuk menuliskan pengalaman dan informasi menarik yang saya dapatkan selama acara berlangsung di Grand Ballroom, Fairmont Jakarta tersebut. Menyaksikan langsung kehadiran seri Oppo F7 yang digadang-gadang akan mencuri perhatian para selfie experts dan photo enthusiast di Indonesia. Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut dihadiri ratusan tamu undangan dari berbagai kalangan dan media. Meriah dan penuh antusias, itulah gambaran suasana Grand Launching Oppo F7 dan 5 Tahun Oppo Indonesia.

5 Tahun Oppo Indonesia

Jika kamu adalah penyuka Oppo atau belum kenal Oppo sama sekali, maka kamu perlu sedikit mengetahui sejarah hadirnya dan sepak terjang Oppo di Indonesia. Sebagai produk yang berasal dari Tiongkok maka Oppo adalah brand yang serius membuat dan memasarkan produk mereka. Tidak terkesan abal-abal seperti produk ponsel lainnya. Terbukti dengan kualitas produk yang dihasilkan, mampu memikat hati para pengguna ponsel cerdas di Indonesia. Seperti apakah perjalanan produk Oppo Indonesia selama 5 tahun eksis di negeri ini? Yuk, disimak!

Tahun 2013

Oppo hadir di Indonesia dengan mengusung produk perdana mereka yaitu seri Oppo Find 5 dan seri Oppo Find Way yang langsung masuk pasar premium Indonesia dengan banderol harga 5 jutaan. Ini tentu berbeda dengan ponsel Tiongkok lainnya yang rata-rata menjangkau pasar bawah dengan harga satu atau dua jutaan. Di akhir tahun ini Oppo juga meluncurkan seri Oppo N1 dan R1 yang terlihat lebih berkelas dengan spesifikasi yang lebih meyakinkan. Bahkan banderol harganya tak tanggung-tanggung, mencapai 7 jutaan.

Tahun 2014

Bisa dibilang inilah tahun di mana Oppo Indonesia mulai dikenal sebagai pelopor ponsel berkamera 6 lapis dengan kamera yang bisa diputar hingga 206 derajat ke depan dan belakang. Di tahun ini Oppo kembali memperkenalkan seri Oppo N3 dan menyebut produk ini sebagai produk dengan ‘sudut pandang berbeda’ karena kameranya yang bisa diputar hingga 40 kali dalam sehari tanpa mengalami kerusakan. Di tahun yang sama seri Oppo R5 juga diluncurkan di pasar Indonesia dan disebut-sebut sebagai ponsel paling tipis di dunia.

Tahun 2015

Ini merupakan tahun di mana Oppo Indonesia mulai melebarkan sayap pemasaran untuk pasar low end setelah menggebrak pasar Indonesia dengan produk hight end mereka. Contoh produk low end ini adalah Oppo Neo (2015) dan Oppo Neo 5s. Namun masih di tahun ini, Oppo juga merilis seri Oppo R1X yang harganya tentu lebih mahal dibanding seri Oppo R1 sebelumnya.

Tahun 2016

 

Ya, inilah tahun di mana Oppo mulai mengusung tagline ‘Selfie Experts’ dalam produknya di seri Oppo F1 dan Oppo F1 Selfie. Kedua produk ini langsung jadi idola para selfie experts dan photo enthusiast. Mengusung dua brand ambassador Insyana Sarasvati dan Raisa merupakan langkah pemasaran yang tepat karena kedua sosok wanita cantik ini sedang digandrungi di Indonesia dan dikenal dengan image mereka yang baik.

Tahun 2017

Melanjutkan sukses tahun sebelumnya, Oppo Indonesia kembali meluncurkan seri Oppo F3 dan Oppo F5 tentunya dengan spesifikasi yang lebih menarik dan unggul dibanding sebelumnya. Selain Raisa, brand ambassador baru untuk seri Oppo F5 adalah Chelsea Islan yang juga sedang naik daun. Tagline ‘Selfie Expert & Leader’ semakin mengukuhkan eksistensi Oppo di Indonesia.

Tahun 2018

Inilah tahun kelima Oppo resmi memasarkan produknya di Indonesia, yaitu dengan peluncuran produk terbaru bulan April ini, seri Oppo F7 yang akan saya ulas di bagian akhir artikel ini. Seri F7 ini disebut oleh Alinna Wen (Direktur Marketing Oppo) sebagai produk yang mengedepankan artificial intelligence (kecerdasan buatan). Semoga di tahun kelima ini Oppo berhasil memberi kepuasan lebih pada para pelanggan dan terus berinovasi ke depannya.

Inilah Oppo F7 “Selfie Expert & Leader”

 

 

Seri Oppo F7 ini tentu memiliki keunggulan lebih dibanding pendahulunya, Oppo F1, Oppo F3 dan Oppo F5. Seri ini pertama kali diluncurkan di Mumbai, India sekitar sebulan yang lalu. Teknologi andalan seri Oppo F7 ini adalah A.I Beauty (Artificial Intelligence Beauty) yang membuat objek terlihat lebih indah dan menarik ketika dibidik. Namun uniknya, A.I Beauty di Oppo F7 ini tetap bisa mengenali titik-titik wajah secara detail dan mengenali perbedaan setiap objek berdasarkan warna kulit, jenis kelamin dan usia sehingga hasilnya tetap nyata dan natural. Kelebihan teknologi A.I Beauty pada seri Oppo F7 dibanding seri Oppo F5, pada seri Oppo F7 ini kecanggihan A.I Beauty sudah bisa mengatur fingsi manajemen sistem ponsel dan juga manajemen daya.

5 Keunggulan OPPO F7

Berikut adalah 5 keunggulan Oppo F7 yang perlu diketahui agar bisa kamu manfaatkan secara maksimal sebagai pengguna setia Oppo.

1. Pemanfaatan Teknologi A.I Untuk Fotografi

Dengan kamera utama 25 Megapixel dan fungsi High Dynamic Range (HDR) real-time yang dipersiapkan secara khusus maka selfie pada kondisi dengan tingkat pencahayaan tinggi seperti ketika kita berada di bawah terik matahari atau pada kondisi dengan backlight (cahaya berada di belakang objek foto) tetap menghasilkan foto yang lebih detail, kontras yang baik dan lebih kaya warna. Kamera belakang dengan A.I Scene Recognition secara cerdas dan akurat mengenali 16 scene dan objek berbeda secara real time; Sunset, Grass, Indoor, Food, Sky, Snow, Night, Animal, Baby, Firework, Beach, Scenery, Text, Cat dan Stage Light.

Peningkatan kecerdasan buatan, A.I Beauty 2.0, teknologi yang dapat mengenali wajah secara lebih detail karena titik pemindaian wajah meningkat hingga 296 titik pengenalan dan melakukan peningkatan beauty secara terpisah, sehingga hasil foto tetap terlihat nyata dan natural. Dan uniknya, A.I Beauty bisa mengenali struktur wajah, jenis dan warna kulit, serta jenis kelamin meskipun wanita dan pria berada dalam satu frame foto. Jadi untuk pria akan menonjol sisi maskulinnya sementara wanita menonjolkan sisi femininnya.

A.I atau Artificial Intelligence juga mempelajari kebiasaan pengguna dalam melakukan penyesuaian seperti pada fitur beautify, A.I  Learning secara otomatis akan mengaplikasikan penyesuaian yang sama pada proses pengambilan foto berikutnya, mengenali dan mengingat prefrensi editing yang pernah dilakukan misalnya mata terlihat lebih bulat, pipi lebih tirus, dagu lebih lancip, maka foto berikutnya akan menyesuaikan dengan foto sebelumnya. Begitupun dengan Vivid Mode, hasil foto jadi lebih hidup disertai palet warnanya sendiri, misalnya warna baju atau backdrop dengan saturasi warna yang lebih ditingkatkan.

Beberapa fitur yang menyenangkan juga ditambahkan pada Oppo F7 ini yang tentunya akan kamu sukai. Seperti High Dynamic Range, Depth Effect (bokeh) dan Cover Shot Feature di mana pengguna dapat memainkan saturasi warna saat sedang berfoto, dapat pula meningkatkan kontras warna antara pakaian yang digunakan dengan latar belakang foto. Selfie pun bisa menghasilkan foto seperti layaknya pemotretan sebuah cover majalah atau fotografi. Kemudian ada AR (Augmented Reality) Stickers di mana pengguna bisa membuat foto lebih menyenangkan dengan hadirnya stiker-stiker menarik yang dapat diaplikasikan secara langsung dan kemudian dibagikan ke media sosial.

2. Artificial Intelligence Plus

Inilah keunggulan tambahan (plus) di perangkat Oppo F7 yang akan membuat kamu semakin menyukai seri terbaru ini.

  • A.I Album: Dengan teknologi kecerdasan buatan dalam pengenalan gambar maka secara otomatis perangkat ini akan mengelompokkan foto berdasarkan wajah, nama, tempat pengambilan foto bahkan event khusus dalam foto sehingga foto semakin mudah dicari dengan memanfaatkan banyak opsi pencarian berdasarkan waktu, tempat, orang dan scenes.
  • A.I Memories: Fitur ini akan membantu pengguna untuk mengingat kembali moment khusus yang telah diabadikan, misalnya reunian, ulang tahun, traveling, hari raya dan sebagainya.
  • A.I Board: Fitur ini merupakan split screen (layar terpisah) yang membuat pengguna dapat menempatkan pintasan aplikasi favoritnya sekaligus, secara cerdas fitur ini juga akan mengumpulkan jadwal meeting terpenting, jadwal perjalanan, tiket film yang sudah dipesan dan status pesanan e-commerce dengan mengenalinya melalui email dan juga SMS.
  • A.I Battery Management: Fitur yang dapat membuat perangkat mengatur manajemen sistem secara mandiri termasuk pendistribusian sumber daya sehingga smartphone akan memberikan performa terbaiknya saat dibutuhkan. Dengan fitur ini, OPPO F7 berjalan 80% lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya. A.I Battery Management juga memberikan pengaturan daya yang membuat baterai perangkat akan bertahan lebih lama.

3. Super Full Screen

Oppo F7 dibekali Layar 6.23 inch FHD + Super Full Screen. Oppo F7 memiliki 89.09% screen to body ratio dan dikemas dalam sebuah perangkat unibody yang lebih ramping, jika dibandingkan dengan perangkat standar yang mengusung layar 5.5 inci yang beredar di pasar. Dilengkapi dengan Resolusi 2280 x 1080 yang menjadi salah satu resolusi layar tertinggi di pasar smartphone kelas menengah atas, serta layar besar yang kaya warna akan memberikan lega dan nyaman saat membaca konten online, tentunya dengan ukuran yang tetap sesuai untuk gengaman tangan. Kemudian ada fitur App-in-App yang memungkinkan pengguna mengangkat panggilan sekaligus meneruskan aplikasi sedang berjalan. Full Screen Multitasking akan membuat pengguna lebih mudah berpindah antar aplikasi dengan menggunakan gesture.

4. Glossy Unique Design

Penampilan Oppo F7 yang glossy dan ramping benar-benar mencuri hati. Detail finishing pada perangkat ini membuat sebuah standar baru dalam industri smartphone. Pilihan warna yang fashionable sangat menunjang penampilan untuk lebih percaya diri dan gaya di setiap kesempatan. Oppo menawarkan tiga pilihan warna untuk Oppo F7 dengan 4GB RAM/64GB ROM (Solar Red, Moonlight Silver dan Diamond Black) serta dua pilihan warna untuk Oppo F7 dengan 6GB RAM/128 GB ROM (Solar Red dan Diamond Black). Pilihan warna ini dapat disesuaikan dengan karakter penggunanya.

5. Peningkatan Sistem Operasi dan Perangkat Keras Yang Powerfull

Oppo F7 dibekali sistem operasi terbaru, ColorOS 5.0, berbasis Android 8.1 Oreo serta penampilan visual yang diperbaharui dengan susunan dan icon yang tampil beda dengan sistem operasi sebelumnya. Lebih lesat dengan memanfaatkan pengaturan teknologi A.I. Kemudian A.I Facial Recognition Unlock akan membuka perangkat lebih cepat, 0.08 detik, perangkat F7 akan segera mengenali pengguna segera setelah layar menyala.

Lalu ada fitur Safe Box yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan dan melindungi aplikasi, foto dan dokumen sebagai data pribadi yang tak bisa diakses oleh siapapun. Fitur Screen Capture juga dapat merekam permainan yang berjalan dengan sekali tap saja. Perangkat Oppo F7 juga dilengkapi dengan Prosesor 8 inti 64 Bit dan Triple Memory Slot yang dapat memuat 2 nano SIM Card dan microSD yang didukung hingga 256GB. Tak ketinggalan Dual 4G VoLTE slot yang memungkinkan pengguna memakai dua 4G SIM Card secara bersamaan. Saat salah satu SIM Card digunakan untuk menelepon, SIM Card lain dapat digunakan berbarengan untuk data internet.

Spesifikasi OPPO F7

 

Cukup jelas dan tentunya menarik sekali performa Oppo F7 ini ya, terutama buat kamu-kamu yang selfie experts dan suka mengabadikan berbagai moment dan event menarik dalam hidupmu. Untuk harga, Oppo F7 dibanderol dengan harga Rp. 4.199.000,- dan Oppo F7 128GB dibanderol dengan harga Rp. 5.499.000,-. Khusus bagi yang membeli pada saat peluncuran kemarin bisa memilikinya dengan harga spektakuler, diskon 50% dari harga banderol. Luar biasa! Jadi pastikan Oppo F7 menyertai hari-hari bahagia dan produktifmu.

Baca hasil review Oppo F7 dengan fitur-fitur yang saya favoritkan di sini!

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dan budaya, aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di komunitas Blogger Muslimah Indonesia, saat ini juga jadi Tour Planner di program Muslimah Trip, dan masih aktif sebagai relawan GenPi bentukan Kemenpar untuk Halal Tourism Indonesia.


18 thoughts on “Grand Launching Oppo F7 dan 5 Tahun Oppo Indonesia

  1. denik

    Wah, pantesan waktu foto-foto pakai hp Mba hasilnya bagus. Ini toh rahasianya. Jadi pengen ganti hp..hihihi

    Reply
  2. Dian Restu Agustina

    Saya pakai Oppo F3 dari tahun lalu dan puas sekali.., Mbak Novia

    Dan kini, sudah sampai ke F7 …oh NOOOO!.Mesti kekeup dompet buat yang lain nih, biar bisa ganti seri terbaru itu ..:D

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *