Margaw by Margawitra

Dalam dunia bisnis ada satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, yaitu passion. Apa sih passion itu? Sederhananya, passion itu adalah perasaan yang kuat dalam diri kita. Sesuatu yang membuat kita nyaman menjalaninya. Ada juga yang bilang, segala hal yang menyenangkan dan kita bergairah menjalaninya. Nah, dalam berbisnis, passion ini sangat penting karena akan menjadi spirit dalam membangun sebuah usaha.

Sarjana Teknik dengan Passion di Bidang Fashion

Salah satu sosok Muslimah yang menemukan passion-nya dalam berbisnis busana muslimah adalah Margawitra Lia yang akrab disapa Lia. Lia membuat sebuah brand untuk produk busana muslimahnya dari potongan nama depannya yaitu MARGAW dengan logo unik huruf “MW”. Usaha yang dijalankan di Villa Dago Tol, Ciputat, Tangerang Selatan ini mulai dirintis pada tanggal 20 Maret 2014.

Kenapa Lia yang berlatar belakang pendidikan Teknik Telekomunikasi & Informatika ini malah memilih berbisnis di bidang fashion mengikuti passion-nya?

“Awalnya saya adalah wanita yang bekerja di salah satu bank swasta di Indonesia. Tapi setelah menikah saya mengikuti permintaan suami untuk berhenti bekerja dan fokus jadi ibu rumah tangga. Perjalanan panjang saat saya jadi ibu rumah tangga yang harus selalu di rumah membuat saya tidak nyaman, saya jadi suka sedih dan nangis, Maklum, saya terbiasa sibuk,” ungkap Lia mengenang kisah lalunya.

Akhirnya Lia mencoba mencari kesibukan sendiri tanpa harus banyak meninggalkan rumah. Hingga kemudian ia memutuskan untuk berjualan online dengan menjadi reseller pashmina. Sampai akhirnya Lia pindah haluan dan memberanikan diri memproduksi sendiri barang yang akan dijualnya berupa gamis dan khimar.

“Walaupun memang latar belakang saya dari Teknik Telekomunikasi & Informatika, tapi semua itu tidak menghalangi saya buat berjualan. Banyak yang bilang, kunci utamanya adalah passion. Kalau sudah menemukan dimana passion-nya, lalu fokus dengan apa yang dikerjakan, tentu saja dibarengi dengan doa dan berserah diri sama Allah, insya Allah semua dilancarkan jalannya.”

Begitulah Lia memulai usahanya dengan brand MARGAW. Keyakinan dan passion, ditambah pangsa pasar yang begitu luas membuat Lia optimis dalam menjalankan usahanya. Dan memang harus diakui, pasar busana muslimah ini sangat luas, hampir semua wanita muslimah di seluruh dunia. Di era serba internet ini, tidak mustahil menjangkau pasar yang begitu luas bukan?

Pemasaran Margaw

Saat ini pemasaran yang dilakukan oleh Lia secara online dan offline. Untuk yang online ada di www.instagram.com/_margaw dan www.facebook.com/mwbylia serta situs resmi www.margaw.com. Juga berkolaborasi dengan situs lain seperti di www.hijaup.com dan www.hijabstory.com. Produk MARGAW juga sudah memiliki beberapa reseller di luar negeri yaitu di Doha dan Melbourne. Untuk pemasaran offline, Lia menerapkan sistem konsinyasi dan bisa ditemukan di butik The Shahdan Boutique, FX Sudirman lantai 3, Jakarta.

Cara lain adalah dengan mengikuti berbagai bazaar, memasukkan iklan di majalah komunitas, serta aktif di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Promosi gratis juga banyak terjadi dari mulut ke mulut customer MW sendiri.

Busana yang diproduksi oleh Lia mungkin terlihat sudah banyak di pasaran. Namun Lia meyakinkan bahwa produk MARGAW punya keunikan sendiri yang disukai oleh pelanggannya. Diantaranya adalah desain yang simpel, menggunakan bahan yang berkualitas, dan ada beberapa desain dengan sentuhan etnik indonesia seperti batik papua, batik jogja, dan beberapa jenis tenun lainnya. Dan pastinya hijab yang selalu panjang dan menutup dada.

Untuk harga yang dibanderol oleh Lia, kisarannya cukup terjangkau, mulai dari Rp.125.000 sampai Rp.500.000. Saat ini, untuk menjalankan usahanya Lia dibantu oleh lima orang karyawan.

Terakhir, sedikit rahasia sukses Lia bersama MARGAW, “Tekun, sabar, dan jangan menyerah jika menghadapi masalah. Terus berinovasi dengan sesuatu yang baru. Dan jangan pernah meninggalkan solat lima waktu kapanpun dan dimanapun berada. Doa ibu juga sangat mempengaruhi kesuksesan kita, maka dari itu buatlah ibu kita selalu senang dan tersenyum.”

Tertarik mengikuti jejak Lia? Atau mau jadi reseller produk MARGAW? Peluang kini ada di depan kamu 🙂 (Via)

Koleksi Busana Margaw

 Produk Terbaru

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik sebagai penulis bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di Blogger Muslimah, saat ini masih aktif sebagai Manager Marketing dan Komunikasi di Asia Wisata, juga relawan di program Wonderful Indonesia.


2 thoughts on “Margaw by Margawitra

  1. Joni Delaroza

    Ibarat “nama” tak ada yang sama. Jadi nama apa pun akan terlihat. Misal beberapa benda dipajang bersamaan. Pertama bulat berwarna hitam, kedua kotak brwarna kelabu dan ke tiga kita yang nambahin yaitu gabungan bulat dan kotak berwarna warni, berbunyi, bergerak. Suruh ambil sama balita, asti dia pilih….Itulah konsumen, selalu pilih yang lain dari yang lain. Tapi asal bisa dipertanggungjawabkan, kalau tidak berwarna dan berbunyi lagi, akan dia cap “ah sama aja” “ah kotak dan bulatnya hancur” “ah warnanya luntur” dan sebagaiya. Hehehe…imajinasi spontan.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *