OPPO F7 Ponsel yang Kaya Fitur

Tak bisa dipungkiri, brand Oppo telah menjadi salah satu brand smartphone yang diperitungkan oleh pasar Indonesia, berhasil melesat ke jajaran kedua ponsel paling dicari sejak menapakkan kaki di pasar Indonesia lima tahun lalu. Trend selfi yang melanda dunia maya telah berhasil dibidik Oppo dengan tagline Selfie Expert & Leader. Oppo pun menjadi ponsel idola untuk tampil eksis di berbagai momen dan suasana. Setidaknya dengan berbagai penghargaan yang diraih selama beberapa tahun ini telah membuktikan bahwa Oppo memang layak direkomendasikan untuk berbagai kebutuhan, tak sekadar alat komunikasi.

Penghargaan Untuk Oppo

 

Tak lengkap rasanya mengulas produk Oppo F7 sebelum mengetahui kesuksesan Oppo selama lima tahun berkiprah di Indonesia dan sepuluh tahun di negara asalnya. Produk Oppo Finder yang diluncurkan pada tahun 2012 menjadi tahun yang fenomenal dan melejitkan brand Oppo karena produk tersebut dianggap sebagai ponsel paling tipis di dunia. Dan inilah sebagian prestasi Oppo Electronics Corp yang bermarkas di Dongguan, Guangdong, China.

Penghargaan OPPO Selama 5 Tahun Terakhir:

Akhir tahun 2013 OPPO mendapatkan penghargaan Top 10 Smartphone versi majalah Stuff di Inggris. Penghargaan ini diraih OPPO untuk produk inovatifnya yaitu OPPO N1 dengan body besar, tipis, layar mengagumkan, kamera rotasi dan daya tahan baterai yang kuat. Sebelumnya OPPO juga mendapatkan penghargaan sebagai smartphone terbaik versi CNET Asia untuk inovasi produk N1 yang dianggap beda dengan smartphone lainnya.

Tahun 2014, OPPO meraih penghargaan Inovasi Terbaik Tahun 2014 untuk teknologi charging tercepat di industri smartphone yaitu VOOC Flash Charge. Teknologi paten dari OPPO ini mampu mengisi daya baterai dari 0% hingga 75% hanya dalam 30 menit.

Lalu tahun 2015 produk OPPO N3 juga berhasil meraih penghargaan The Best Camera Phone dalam ajang penghargaan yang diadakan di Beijing. Kamera berputar otomatis yang dipasang pada OPPO N3 menjadi sisi keunikan yang memikat hati para juri.

Tahun 2016 Oppo kembali meraih penghargaan sebagai Best camera Smartphone 2016 dari ajang The 13th Annual Selular Award. Penghargaan lain adalah 2016-2017 Global Top Smart Phones Brand dan juga 2016-2017 Global Top Smart Connected Devices Brand dari ajang International Data Group (IDG) yang digelar di Las Vegas. Pada tahun yang sama, di Indonesia Oppo panen penghargaan, seperti Best Camera Phone untuk OPPO F1 Plus dari Majalah Selular, Best Selfie Camera Phone untuk OPPO F1s dari Tabloid Pulsa, Best Affordable Camera Phone: Honorable Mention untuk OPPO A37 dari Tabloid Pulsa, Best Selfie Smartphone untuk OPPO F1s dari Majalah Selular, Indonesia Best Brand Index dari SWA Magazine, TOP Smartphone (Low-end Market) 2016 dari iTech Magazine, Best Brand dari Trans TV,  Best Brand dari Detik.com, dan berbagai penghargaan lainnya.

Tahun 2017 semakin banyak penghargaan yang diraih Oppo. Teknologi OPPO 5x Lossless Zoom berhasil mencuri perhatian berbagai media dalam ajang MWC 2017 di Barcelona, Spanyol. Media yang hadir dari berbagai negara tersebut memberikan penghargaan untuk Oppo seperti 2017 Wired Cooles Of MWC oleh Majalah Wired, Mobile World Congress 2017 diberikan oleh Stuff Magazine, Best Of MWC 2017 diberikan oleh Ubergizmo.com, Mobile Geeks Best Of MWC 2017 diberikan oleh Mobile Geeks, dan TOP Innovation MWC 2017 diberikan oleh Techbox.

Tahun 2018 inipun Oppo sudah membukanya dengan dua penghargaan yaitu penghargaan di ajang WOW Brand 2018 oleh Mark Plus Inc sebagai Silver Champion kategori Smartphone dan juga dari Indonesia Netizen Brand Choice Award 2018 sebagai Top 5 Netizen Choice untuk kategori Mobile Phone Product.

Itulah rangkaian penghargaan yang diterima Oppo dalam lima tahun terakhir mengukir prestasi di dunia smartphone kelas dunia. Dan ini menunjukkan keseriusan Oppo dalam menggarap produk mereka hingga setara dengan produk di belahan dunia lain seperti Jepang, Eropa, Amerika dan Asia lainnya. Oppo kini telah menjadi salah satu brand yang memasarkan produknya paling banyak, tak kurang dari 30 negara di dunia. Jadi kesuksesan Oppo bukanlah isapan jempol belaka.

 

 

Oke. Sekarang saatnya memperkenalkan produk terbaru yang diluncurkan Oppo pada bulan April lalu di Jakarta, yaitu seri Oppo F7, sekaligus perayaan 5 Tahun Oppo Indonesia. Saya sudah membahas lengkap terkait event launch berikut spesifikasi dan keunggulan Oppo F7 dalam artikel sebelumnya. Kamu bisa baca di sini. Jadi saya tidak akan membahas lagi panjang lebar semua keunggulan tersebut. Selanjutnya saya hanya akan membahas hasil trial saya terhadap fitur-fitur favorit saya di Oppo F7 ini. Check it out!

 

SELAMAT DATANG di OPPO F7

Setelah melakukan unboxing secara mandiri saya mulai menjajal berbagai fasilitas dan keunggulan yang ada pada Oppo F7. Beberapa hal yang saya uraikan di bawah ini adalah keunikan dan kelebihan Oppo F7 yang saya favoritkan. Mungkin kamu akan menyukai hal lain yang berbeda dengan saya karena di Oppo F7 ini banyak sekali keunggulannya.

Layar Lebar dan Kamera Tajam

(Layar Super Fullscreen Oppo F7)

Dengan layar 6.23 inch FHD + Super Full Screen, Oppo F7 tetap nyaman digenggam. Memiliki resolusi 2280 x 1080, resolusi layar tertinggi di pasar smartphone kelas menengah atas. Oppo F7 juga kaya warna. Jadi asli, mata serasa dimanja banget. Dari dulu saya memang selalu memilih ponsel dengan layar lebar karena mata saya gampang lelah. Kamera utama 25 Megapixel dan fungsi High Dynamic Range (HDR) real time yang dipersiapkan secara khusus maka selfie pada kondisi apapun akan tetap menghasilkan foto yang lebih detail dan lebih kontras. Kita juga bisa memilih ukuran layar sesuai kebutuhan, semua tinggal diatur dalam satu pengaturan di layar kamera.

Mendukung Foto Dalam Ruangan

Foto di dalam ruangan juga tetap terlihat jelas meskipun dengan pencahayaan sedang. Beberapa kali mencoba mengambil objek foto dari berbagai angle hasilnya tak mengecewakan.  Ini membuktikan kualitas kamera yang dimiliki oleh Oppo F7 ini kualitasnya memang terbaik di kelasnya.

(Foto diambil dalam ruangan dengan pencahayaan sedang)

Bokeh, Colorful dan Watermark

Nah ini satu yang saya suka. Efek bokeh (blur) atau depth effect pada Oppo F7 membuat hasil foto memiliki estetika tersendiri. Efek bokehnya tampak seperti jepretan kamera profesional. Kamu suka juga kan? Warna objek foto pun tampak seperti aslinya, lebih cerah namun alamiah. Tanda air atau watermark juga bisa diaktifkan untuk memberi identitas foto. Foto yang diambil di bawah terik matahari pun tetap terlihat bagus, tidak silau.

(Buku notes bertuliskan OPPO ini jaraknya hanya sekitar 50 cm dari kamera dan terlihat sangat tajam)

 

(Nametag Oppo ini berjarak sekitar 50 cm dari kamera namun tetap terlihat tajam meskipun dalam ruangan)

 

(Foto dalam ruangan, warna objek foto tetap terlihat asli dengan watermark yang keren)

 

(Foto diambil di pantai saat matahari sedang terik-teriknya)

Fitur App-in-App

Ini nih yang juga jadi fitur favorit saya, bisa membuka dua jendela aplikasi dalam satu layar. Kenapa jadi favorit saya? Sebab saya sering perlu mencatat nomor-nomor atau pesan penting ke note ponsel. Biasanya harus bolak-balik antar aplikasi. Ini tentu cukup menyebalkan buat saya. Atau saat asyik nonton video, tiba-tiba ada panggilan masuk menutup tontonan, rasanya gimana gitu. Alhamdulillah kini bisa saya dapatkan pada Oppo F7, benar-benar dream come true. Fitur ini juga bisa untuk menerima panggilan sambil tetap berada di aplikasi yang sedang kita buka. Cara membuka fitur ini juga gampang, tinggal menggeser tiga jari kita di permukaan layar dari bawah ke atas. Kebalikan dari meng-capture di mana tiga jari kita digeser dari atas ke bawah layar.

 

Artificial Intelligence Album

Nah ini satu lagi favorit saya. Dengan kecerdasan teknologi buatan pengenalan gambar maka secara otomatis perangkat ini akan mengelompokkan foto berdasarkan wajah, nama, tempat pengambilan foto bahkan event khusus dalam foto sehingga foto semakin mudah dicari dengan memanfaatkan banyak opsi pencarian berdasarkan waktu, tempat, orang dan scenes.  

Fitur SaveBox

Satu lagi fitur favorit saya yaitu SaveBox, di mana kita bisa mengunci aplikasi-aplikasi tertentu di ponsel kita sehingga tidak sembarang orang bisa membukanya. Ini bagus banget terutama untuk mengamankan aplikasi mobile banking kita. Nah, itulah fitur-fitur favorit saya yang ada di Oppo F7.  Sebagai pengguna Oppo sejak seri Oppo F1 dan kini menggunakan seri Oppo F5, saya merasa sangat penasaran dengan produk terbaru Oppo F7 ini. Rasanya memotret dengan ponsel Oppo F5 milik saya sudah oke banget selama ini. Setidaknya cukup banyak teman-teman saya yang berkomentar, “Ini yang cantik orangnya atau kameranya ya?” Saya jadi tertawa karena gurauan seperti itu sudah cukup sering dilontarkan teman-teman saya.

Saat ngetrip keliling Malaysia awal April kemarin pun teman saya di sana melontarkan kalimat candaan yang senada, “Ini kamera ponselnya yang bagus makanya hasil fotonya keren. Kayaknya ntar saya harus beli Oppo juga deh biar hasil foto traveling jadi bagus-bagus,” katanya sambil tertawa. Dan masih banyak kejadian lucu lain yang saya alami bersama ponsel Oppo ini. Makanya ketika diundang untuk menghadiri Launch Event Oppo F7 awal April lalu saya merasa excited, penasaran, apa lagi kejutan dari produk terbaru ini? Sebagai pecinta angka 7 lantaran lahir di tanggal 7, feeling saya mengatakan seri F7 ini tentu sangat spesial.

Akhirnya setelah mencoba sendiri ternyata Oppo F7 memang memiliki kelebihan tambahan dan peningkatan hingga 80% dari seri sebelumnya. Terutama kameranya. Kamera belakangnya menggunakan lensa 16 Megapixel dengan bukaan f/1.8. Sementara kamera depan menggunakan lensa 25 Megapixel dengan sensor Sony IMX576 dan bukaan f/2.0. Sudah kebayang, ke depannya akan banyak lagi cerita lucu dan menyenangkan bersama Oppo F7 ini. How about you?

 

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di komunitas Blogger Muslimah Indonesia, saat ini masih aktif sebagai Manager Marketing dan Komunikasi di PT. Khalifa International Business, juga relawan Kemenpar untuk Wonderful Indonesia.


18 thoughts on “OPPO F7 Ponsel yang Kaya Fitur

  1. Arin

    parah emg uni.. oppo selalu maju cepat kecanggihan hpnya. heuheu aku jg uda lama pake oppo hehe.. smoga bs kebeli yg F7 ini hehe

    Reply
  2. Dian Restu Agustina

    Kualitas OPPO memang enggak perlu diragukan lagi..pengalaman make sendiri hihihi..Apalagi seri terbaru, pasti makin mumpuni..

    Duh, baca ini bikin langsung nglirik celengan 😀

    Reply
  3. April Hamsa

    Wah canggih ada artificial intelligence buat nandain wajah2 secara otomatis 😀
    BBrp kali lewat gerai hape nyobain2 hape ini, suka sama fitur kameranya, baik kamera depan maupun belakang sama bagusnya 😀

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *