Pelatihan Copywriting TDA Jaktim Bersama Kang Arul

tda20

Sabtu kemaren, tanggal 19 September 2015, saya bersama anggota TDA Jaktim mengadakan pelatihan Copywriting (Menulis Kreatif) untuk menunjang kemampuan anggota TDA Jaktim dalam hal mengolah kata agar menjadi kalimat promosi yang efektif dalam memasarkan produk masing-masing. Bertempat di Mabes TDA Jaktim, Jl. Bunga Rampai, Klender, acara berlangsung mulai pukul 14.00 sampai menjelang Magrib.

Suasana siang yang panas dan rentan dilanda kantuk justru tak terasa di Mabes TDA Jaktim. Karena pelatihan berlangsung seru, penuh semangat dan gelak tawa. Pelatihan diisi oleh Kang Arul, dosen pascasarjana yang merupakan doktor komunikasi media dan cyberculture ini, memang disampaikan dengan cara sersan, serius tapi santai. Guyonan Kang Arul yang mengocok perut membuat peserta menjadi sangat menikmati pelatihan ini. Terbukti tidak ada peserta yang meninggalkan tempat sebelum acara tuntas.

Pelatihan yang dipadukan antara teori dan praktek ini cukup mudah dipahami. Beberapa contoh materinya bisa dilihat dalam gambar berikut ini.

materi
materi3
materi2
materi5

materi4

Ini salah satu contoh bagaimana ide awal “Shalat Subuh” ternyata bisa menghasilkan sekian banyak buku dengan beragam bentuk dan isi. Jadi, satu ide bisa dikembangkan dengan kratifitas menulis.

Materi lengkapnya masih lumayan banyak tapi sayangnya hanya bisa dilihat dalam dokumen TDA Jaktim (hehehe… modus, supaya pembaca merapat ke TDA Jaktim).

Dalam pelatihan ini, peserta dilatih langsung untuk menulis secara kreatif, merangkai kalimat dari satu ide atau tema yang sama. Misalnya dari sebuah gambar, peserta diminta menulis kalimat kreatif untuk menceritakan isi gambar tersebut.

Kang Arul yang mem-branding dirinya dengan julukan ‘Dosen Galau’ ini juga mengambil sebuah centong di salah satu sudut ruangan (heran, kok bisa-bisanya nemu centong hihi). Dari sana ia menyuruh semua peserta membuat sebuah paragraf dengan kata inti CENTONG sebagai kata pancingan. Di paragraf kedua kata pancingannya adalah EMAS, dilanjut paragraf ketiga dengan kata pancingan yang lain lagi, begitulah seterusnya sampai penuh satu halaman. Syarat dalam menulis hanya satu, tidak boleh ada kata yang salah atau dicoret. Semua kata harus terpakai.

Spidol yang digunakan juga berwarna-warni, tujuannya untuk melatih konsentrasi peserta, kapan ia harus menggunakan warna hitam, biru dan hijau.

 

Di akhir acara, peserta diajak untuk mempraktekkan langsung bagaimana cara berpromosi di sosial media seperti Twitter. Semua peserta secara serentak membuat tweet dan membuktikan sendiri betapa efektifnya promosi yang dilakukan secara bersama tersebut. Sangat cocok dengan slogan TDA, yaitu Bersama Menebar Rahmat. Jadi suksesnya juga bersama. Kang Arul pun memberikan bocoran bagaimana agar promosi kita berjalan dengan efektif dan efisien.

tda22Yang tak kalah seru, peserta juga mendapat banyak doorprize buku-buku keren dari Kang Arul. Salah satunya buku terbaru Kang Arul yang berisi tentang Media Sosial. Pas dengan tema pelatihannya. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama yang tentunya tak kalah seru dibanding pelatihannya sendiri. Juga penyerahan kaos TDA dari Ketua TDA Jaktim, Pak Maryo untuk Kang Arul sebagai kenang-kenangan. Sukses TDA Jaktim!

tda21

Note: Foto-foto dalam artikel ini sebagain besar adalah hasil jepretan senior saya ‘wartawan galau’, Bang Nur Terbit 🙂

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dengan mengangkat tema sejarah dan budaya, aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita Islam.


5 thoughts on “Pelatihan Copywriting TDA Jaktim Bersama Kang Arul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Share yuk untuk berbagi manfaat pada yang lain!

  • Follow by Email
  • Facebook
  • Twitter
  • Telegram