Pelatihan Wirausaha OK OCE DKI Jakarta

Di tahun 2018 ini pemda DKI Jakarta membuka pelatihan wirausaha bagi masyarakat Jakarta yang dibuktikan dengan KTP Jakarta. Pelatihan ini gratis dan berlangsung dalam beberapa tahap. Saya sebagai warga DKI Jakarta tentu saja senang dengan adanya pelatihan ini, selain gratis, saya memang sedang mempersiapkan bisnis yang akan saya tekuni setelah resign dari kantor bulan Desember lalu.

Saya memilih bidang Fashion untuk pelatihan ini karena memang saya berencana mengembangkan bisnis busana muslimah ke depannya. Alhamdulillah, saya sudah membuat sebuah merek untuk produk busana saya yaitu MOZLAIK yang diambil dari kata MOST LIKE. Merek ini sedang dalam proses perizinan, mudah-mudahan berjalan lancar.

Untuk pengenalan awal, Tim OK OCE mengundang seluruh peserta ke kantor kecamatan untuk mengetahui lebih dalam tentang program OK OCE ini. Saya ada di bawah wilayah binaan Kecamatan Jatinegara. Materi pengenalan ini dipresentasikan oleh Pak Eric dari Tim OKE OCE Kecamatan Jatinegara. Suasana pra pelatihan ini berjalan lancar dan akrab. Bersama timnya beliau melakukan koordinasi dan pendataan ulang para peserta pelatihan serta memberikan pengarahan untuk tahap pelatihan berikutnya. Alhamdulillah, sebuah awal yang baik.

3 Tujuan Kelompok Pendaftar

Untuk pelatihan wirausaha ini, Pemda DKI memusatkan pendaftarannya di kantor-kantor kecamatan di Jakarta. Yang datang mendaftar ini terbagi menjadi 3 kelompok. Pertama, para pencari kerja. Kedua, orang yang baru mau memulai usaha. Ketiga, orang yang ingin meningkatkan usahanya.

Orang-orang yang tujuannya mencari kerja, nanti akan diberi pelatihan selama minimal 3 bulan dan juga didampingi untuk melamar pekerjaan ke perusahaan-perusahaan mitra OK OCE yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Orang-orang yang ingin memulai usaha, bisa memilih bidang pelatihan di kantor kecamatan sesuai domisili, bidangnya disesuaikan dengan minat masing-masing. Ada beberapa bidang pelatihan yang diberikan yaitu Kuliner, Fashion, Elektronik dan Kerajinan.

Dua Jenis Pelatihan: Dasar dan Kejuruan

Pelatihan Dasar untuk wilayah saya yaitu Kecamatan Jatinegara, untuk Gelombang I dilaksanakan tanggal 21 Februari 2018 dan untuk Gelombang II pada tanggal  26 Februari 2018. Dan saat ini masih membuka kesempatan untuk Gelombang III dan Gelombang IV. Tiap Gelombang terdiri dari 40 kuota bidang Kuliner, 40 kuota bidang Fashion, 40 kuota bidang Elektronik, dan 40 kuota bidang Kerajinan.
Sementara Pelatihan Kejuruan mulai dilaksanakan bulan Maret hingga akhir 2018 untuk semua Gelombang. Peserta akan mendapat 3 kali pelatihan dalam setahun.

7 Langkah Pasti Sukses (PAS)

Program ini disebut juga dengan 7 Langkah PAS atau 7 Langkah Pasti Sukses, yang kemudian disingkat dengan P1, P2, P3, P4, P5, P6 dan P7.
P1 adalah Pendaftaran
P2 adalah Pelatihan
P3 adalah Pendampingan
P4 adalah Perizinan
P5 adalah Pemasaran
P7 adalah Pemodalan
Setelah pelatihan, proses pendampingan  dilakukan untuk menerapkan keahlian yang sudah didapat selama pelatihan, kemudian dipandu juga untuk mengurus perizinan usaha. Peserta lalu didorong untuk melakukan pemasaran misalnya diikutkan bazar atau pameran serta diajarkan membuat copy writing yang baik. Peserta juga akan dibantu membuat katalog dan perlengkapan usaha lainnya seperti kartu nama, brosur dan sebagainya. Pemda DKI dan Tim OK OCE akan membuat koperasi yang pengurusnya juga lulusan pelatihan ini dan akan menampung produk peserta. Termasuk akan diajarkan dan dipantau dalam membuat laporan keungan usaha agar berjalan dengan baik. Untuk pemodalan maka yang diberikan berupa barang yang dibutuhkan, bukan dalam bentuk uang tunai.
Detailnya bisa dilihat dalam flowchart di bawah ini:

Pelatihan Dasar Wilayah Jatinegara

Saya sebagai peserta di wilayah Kecamatan Jatinegara, telah mengikuti Pelatihan Dasar tanggal 26 Februari kemarin dengan tema Menjadi Entrepreneur Sukses. Dalam kesempatan ini peserta yang ikut adalah dari semua bidang pelatihan. Nanti untuk Pelatihan Kejuruan baru berdasarkan bidang masing-masing. Dalam Pelatihan Dasar yang dilaksanakan pada hari Senin kemarin itu, ada tiga orang Coacher yang memberikan pembekalan dasar untuk para peserta. Coach Henny dengan materi Mental dan Pola Pikir Seorang Entrepreneur. Kemudian ada Coach Olif dengan materi Entrepreneur Mikro-Kecil. Dilanjutkan oleh Coach Ade dengan materi Entrepreneur Kecil-Menengah. Alhamdulillah, banyak ilmu yang bisa diserap dari pelatihan Dasar ini.

Oke, sampai jumpa di Pelatihan Kejuruan ya!

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dan budaya, aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di komunitas Blogger Muslimah Indonesia, saat ini juga jadi Tour Planner di program Muslimah Trip, dan masih aktif sebagai relawan GenPi bentukan Kemenpar untuk Halal Tourism Indonesia.


29 thoughts on “Pelatihan Wirausaha OK OCE DKI Jakarta

  1. Dian Restu Agustina

    Pelatihan yang sinergis dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, dimana fashion, kuliner dan kerajinan menduduki tiga besar penyumbang PDB dari sektor Ekonomi Kreatif. Salut dengan Pemprov DKI Jakarta!

    Semoga label Mozlaik-nya sukses ya, Mbak Novia!

    Aamiin:)

    Reply
  2. ophi ziadah

    keren nih programnya Uni
    kita mmg harus meningkatkan jumlah entrepreneur di Indonesia nih, kalau difasilitasi dan termanage sm Pemda spt ini bagus banget

    Reply
  3. Dwi Arum

    Kalau bidang jasa ada gak sih mba? Asik banget ya, sampe dibantu perizinan segala. Keren pemprov DKI Jakarta.

    Btw, sukses juga untuk MOZLAIKnya… 🙂

    Reply
  4. Visya

    Informatif sekalii mba. Hihi sayangnya blm bs merealisasikan bikin produk sendiri nih, baru jual jualan produk (katakanlah, buku) hehe. Pengen yg kuliner. Bisa ngga ya sekedar cari ilmu dulu?
    Semoga lancar prosesnya dan berkah yaa mba usahanya.

    Reply
  5. Dewi

    Pola pikir memang utama bgt. Itu yg selalu disarankan sama para pengusaha kelas kakap sekalipun. Mereka selalu blg kuncinya di pola pikir. Sukses untuk Mozlaiknya uni!

    Reply
  6. El-lisa

    Wah, enak sekali ada pelatihan semacam ini. Bisa untuk mengembangkan skill warganya. Semoga ke depannya bisa menjadi contoh untuk daerah lain

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *