Program Eduvisit Blogger Muslimah

Kemaren, Kamis tanggal 5 Oktober 2017 (wuih, hari TNI, yes) Komunitas Blogger Muslimah mengadakan Program Eduvisit Muslimah (PEM) yang rutin diadakan tiap dua bulan sekali. Lokasi yang kita tuju kali ini adalah rumah produksi Heejou Bags, sebuah brand tas etnik yang berlokasi di Terminal Laladon, Bogor.

Peserta untuk PEM ini memang sangat dibatasi, hanya maksimal 15 orang saja. Acara yang rencanakan dimulai pukul 10.00 hingga pukul 15.00 WIB ini disambut antusias oleh peserta, baik yang datang dari Jakarta, Depok maupun Bogor sendiri. Apa saja rangkaian acara kita hari ini?

Edukasi Bisnis

Yes, ini adalah target utama PEM. Memberi edukasi bagi para muslimah tentang bisnis tas etnik. Bagaimana memulainya, mengembangkannya dan memasarkannya. Semua boleh bertanya sepuasnya. Heejou sendiri dibangun oleh seorang muslimah bernama Nisa Rakhmania, seorang gadis lulusan IPB yang menyambut peserta PEM dengan senyum dan sapaan ramahnya. Teh Nisa bercerita bagaimana dulu ia memulai bisnis ini. Tentu ada proses jatuh bangunnya juga.

Pernah mengalami penumpukan stok sementara pemasaran gak jalan.  Untungnya di saat kebingungan tiba-tiba Heejou diliput oleh Trans TV untuk sebuah program. Sejak itu Heejou lebih dikenal. Pernah juga memberi jatuh tempo pada distributor dengan limit puluhan juta dan saat jatuh tempo orangnya menghilang. Meskipun begitu, muslimah lulusan IPB ini tak patah semangat.

Kemudian Teh Nisa bergabung juga dengan komunitas untuk menambah wawasan dan sharing ilmu. Omset Heejou saat ini berkisar antara 150 juta sampai 200 juta perbulan dengan jumlah karyawan sekitar 12 orang. Wanita lajang yang mengusung konsep go green dalam usahanya. Bermula sejak ia merintis bisnis boneka Horta saat masih kuliah dulu.

Oya, profil Nisa Rakhmania bisa juga kamu baca di sini: Nisa Rakhmania, Owner Heejou

Melihat Proses Produksi

Wuih, ini yang mengasyikkan. Para muslimah bisa melihat langsung proses pembuatan tas Heejou yang unyu-unyu itu. Meskipun berbahan kanvas, tapi kualitasnya tak perlu diragukan. Tas ini layak dibawa ke acara formal sekalipun. Blogger Muslimah diajak berkeliling rumah produksi yang terdiri dari beberapa ruangan. Ada ruang bahan mentah, ruang pemotongan bahan, ruang desain, ruang jahit, ruang finishing, ruang packing dan juga ruang stok barang. Oya, Heejou juga memiliki bagian khusus pemesanan dan pembuatan produk sample. Seru melihat-lihat semua proses produksi tersebut dan sangat menambah wawasan.

Belajar Nge-craft

Aha! Ini yang ditunggu-tunggu oleh para peserta PEM. Kita diajari membuat craft sederhana yang bahannya sudah disediakan oleh rumah produksi Heejou Bags. Kita diajarkan cara membuat bunga tulip yang cantik. Kamu bisa lihat hasilnya di foto, tak kalah cantik dengan olahan tangan pengrajin profesional, hehe…

Setelah puas berdiskusi dan mencoba hal-hal menarik, peserta PEM pamit pulang. Terimakasih untuk Heejou Bags sudah berbagi ilmunya hari ini, semoga hal ini menginspirasi para peserta untuk mulai berpikir memberdayakan diri di suatu bidang usaha tertentu. Karena sebagai muslimah kita tak selamanya bisa bergantung pada lelaki atau suami. Ada kondisi di mana kita harus mandiri secara finansial, dan terlebih lagi bisa meberi manfaat bagi orang lain dengan membuka lapangan pekerjaan di dalam bisnis yang kita bangun. sampai jumpa di Program Eduvisit Blogger Muslimah berikutnya.

Salam Edukasi!

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik sebagai penulis bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di Blogger Muslimah, saat ini masih aktif sebagai Manager Marketing dan Komunikasi di Asia Wisata, juga relawan di program Wonderful Indonesia.


8 thoughts on “Program Eduvisit Blogger Muslimah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *