Serundeng Nikmat, Bisa Jadi Lauk Bisa Jadi Camilan

Seruni serundeng nikmatBisnis yang sedang trend saat ini salah satunya adalah bisnis kuliner atau makanan. Dan salah satu dari bisnis kuliner yang telah menjajal pasar adalah milik Windie Herawati, yang sudah berjalan sejak April 2014. Bisnis yang dijalankan oleh Windie menggunakan brand Seruni, singkatan dari Serundeng Nikmat. Dan memang, dari segi rasa, serundeng ini sudah mendapat pujian dari para customer yang pernah mencobanya. Sebut saja penulis terkenal Zara Zettira dan juga pengusaha Wempy Dyocta Koto, sudah mencicipi nikmatnya serundeng buatan Windie ini. Usaha rumahan ini beralamat di Kompleks Saung Indah Blok D3 No.31, kawasan CKM, Karawang Timur.

Lalu bagaimana awalnya ide bisnis ini hingga Windie tertarik untuk mencoba?

“Berawal dari kunjungan Bude saya yang berasal dari Padang ke rumah saya. Beliau pun mengajarkan saya cara membuatnya dan mempersialakan saya untuk mengembangkannya jadi usaha. Bahannya dari ubi jalar. Orang tersebut lalu memberikan resepnya dan saya coba membuat. Hasilnya lalu saya titipkan di warung-warung penjual lauk dalam ukuran kecil. Ternyata banyak yang suka dan sering habis.” Windie menceritakan awal ketertarikannya pada serundeng.

Maka ia pun mencoba memasarkan ke teman-teman dan para tetangga dalam ukuran lebih besar, yaitu ukuran 150 gram. Alhamdulillah banyak yang memesan juga. Dari pengalaman tersebut, Windie memberanikan diri untuk mengikuti pameran, salah satunya Pesta Wirausaha TDA 2015 dengan membuat kemasan yang lebih bagus.

“Sebenarnya serundeng ubi ini merupakan makanan tradisional di Padang, namun di wilayah lain ternyata kurang dikenal. Maka dengan restu kerabat di Padang, saya coba mengenalkannya lebih luas,” imbuh Windie.

Seruni Serundeng NikmatYang menjadi sasaran penjualan produk ini adalah golongan ekonomi menengah ke atas, yang biasanya lebih menghargai nilai unik suatu produk. Golongan usia anak-anak, remaja dan dewasa. Selain untuk lauk, serundeng ini juga enak untuk camilan. Rasanya yang agak pedas dengan aroma daun jeruk sangat menggoda selera. Dan memang keunikan serundeng merek Seruni ini ada pada rasanya yang renyah dan lebih pedas, serta warna produk yang lebih beragam, ada merah, orange, putih dan hijau. Kemasannya juga unik dengan kisaran harga Rp.18.000 sampai Rp. 25.000 per bungkus, isi 150 gram.

Selama ini pemasaran yang dilakukan Windie hanya  lewat media social Facebook, Blackberry Messenger, WA, dan promosi dari teman ke teman. Cakupan wilayahnya menjangkau Jabodetabek, Karawang, Bandung, Subang, Semarang, Denpasar, Kalimantan.

Saat ini Windie dibantu satu orang karyawan tetap dan dua orang karyawan tidak tetap dalam menjalankan usahanya. Kita bisa melihat produk Seruni lebih lengkap di fanpage FB: Seruni – Serundeng Nikmat dan FB: Ummi Citra, atau bisa juga dilihat videonya di link youtube berikut https://youtu.be/l1bu_wsKh_A

Seruni Serundeng Nikmat

Kemasan baru Seruni

Windie mengaku saat ini masih belum bisa dibilang sukses sebenarnya, karena masih dalam tahap belajar mengembangkan usaha. Selama hampir setahun produksinya hanya 3-5 kg seminggu. Produksinya meningkat jadi 10-15 kg seminggu setelah ikut Pesta Wirausaha Nasional yang diadakan TDA bulan April 2015 lalu, terutama setelah banyak teman-teman TDA yang mencicipinya. Sekarang produksinya minimal 3 kg sehari.

Nah, yang penasaran dan ingin mencoba serundeng nikmat ala Seruni? Bisa menghubungi Windie ya. Atau tertarik ikut menjual produk Seruni? Masih terbuka luas peluangnya lho! (NSR)

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik sebagai penulis bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di Blogger Muslimah, saat ini masih aktif sebagai Manager Marketing dan Komunikasi di Asia Wisata, juga relawan di program Wonderful Indonesia.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *