Si Cantik Pink dan Ungu dari Pertamina

Bright Gas Hemat Dua Kali Lebih Aman

Melihat produk bahan bakar dari Pertamina yang satu ini mendadak mata ibu-ibu seperti saya berubah cerah. Si Cantik berwarna pink dan ungu ini memang aduhai tampilannya. Ehm, cocok banget sama blog ini ya ๐Ÿ˜‰ Saya heran, kok bisa-bisanya Pertamina punya ide bikin tabung gas kayak gitu? Warna idola kaum perempuan, dari anak kecil sampai yang tua menyukai kedua warna ini. Kebayang kan cantiknya dapur kita jika warna tabung gasnya pink atau ungu? Kengerian saya untuk dekat-dekat dengan tabung gas jadi berkurang melihat cantiknya Bright Gas Hemat ini. Maklum, saya agak takut dekat-dekat tabung gas sejak dulu. Menyoal kebenaran slogan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan sepertinya perlu kita cek dulu nih ๐Ÿ™‚

LPG Aman digunakan. Itu jaminan dari Pertamina sendiri. Yang membuat perasaan lebih yakin aman adalah tabung Bright Gas yang telah dilengkapi dengan katup pengaman ganda atau istilah kerennya Double Spindle Valve System (DSVS). Misalkan salah satu katupnya ada yang rusak, maka gas tidak akan keluar dari tabung, melainkan tertahan di dalam katup pengaman yang satu lagi. Jadi dua kali lebih aman dari tabung gas biasa.

Varian Minimalis 5,5 Kg

Nah, khusus nih buat ibu-ibu yang merasa tabung gas 12 kg terlalu berat untuk diangkat sendiri, Pertamina mengeluarkan juga varian 5,5 kg. Jadi bisa dengan mudah ditenteng. Biasanya kan kita kalau beli gas 12 kg selalu minta dianterin sama agennya karena tidak sanggup menggotong sendiri. Iya kalau agennya lagi standby, kalau lagi sibuk antar sana-sini, maka kita harus menunggu dengan manisnya. Tabung Bright Gas 5,5 kg ini bisa jadi solusi agar kegiatan memasak lancar tanpa hambatan ๐Ÿ™‚

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Tabung ukuran 5,5 kg ini juga praktis untuk pemakaian di luar ruangan. Tidak perlu tenaga laki-laki untuk mengangkatnya karena sangat enteng dan aman. Untuk keluarga kecil, yang kebutuhan memasaknya tidak sesering keluarga besar, lebih cocok menggunakan varian ini karena lebih hemat. Ukurannya yang minimalis dan manis juga cocok menempati sudut dapur apartemen atau rumah-rumah mungil. Jadi hemat tempat juga.

Sebagian dapur memiliki kolong yang rendah sehingga tabung gas ukuran besar seringkali tidak bisa masuk. Ini sama seperti di rumah saya, maka terpaksa tabung gas diletakkan di sampingnya. Cukup makan tempat dan khawatir dimainin anak-anak juga. Tabung ukuran 5,5 kg ini tentu lebih cocok untuk dapur yang rendah seperti dapur saya.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Tabung Bright Gas ini juga dilengkapi dengan segel pengaman yang dirancang sedemikian rupa sehingga tuas pembukanya memudahkan tabung untuk dibuka serta sekaligus melindungi isi tabung. Tak hanya itu, tabung ini juga dilengkapi hologram dengan fitur Optical Color Switch (OCS) yang sudah dipatenkan sehingga mengantisipasi pemalsuan. Hologram tersebut bertuliskan ‘PERTAMINA’ dan ‘LPG’ dengan ciri-ciri warnanya yang akan terlihat berbeda jika dilihat dari sisi yang berbeda pula. Ketika hologram dilepas maka ia akan meninggalkan bekas pola tertentu.

Meskipun sudah dilengkapi pengaman sedemikian rupa, kadang kita masih suka berpikir, jangan-jangan isinya berkurang, tidak seperti yang diinformasikan. Sering kan kita berpikir, kok sekarang gas lebih cepat habisnya, belum sebulan sudah habis. Padahal bisa jadi kita lebih sering memasak, atau memang ada oknum nakal yang mengurangi takaran.

Nah, pada hologram tadi, kita bisa mendapatkan kode QR yang memungkinkan kita memindai kode tersebut melalui aplikasi android sehingga bisa diketahui tempat pengisian tabung Bright Gas tersebut. Jadi kita bisa memastikan dan meminta pertanggungjawaban jika isinya mengandung oplosan atau berkurang. Untuk ibu-ibu yang masih bingung cara memasangnya, jangan khawatir, karena pada bagian luar tabungnya telah ditempeli stiker petunjuk penggunaan yang benar. Mulai yakin ya kalau LPG aman ๐Ÿ™‚

Pendistribusian Bright Gas ini sudah mulai memasuki banyak wilayah di Indonesia dan akan terus didistribusikan pemasarannya hingga mencapai seluruh pelosok nusantara. Bright Gas bisa dipesan melalui Bright Gas Layan Antarย  di nomor 500-000. Harga pembelian tabung ditambah isi adalah Rp.317.500 di Agen LPG (ditambah ongkos kirim Rp.8.000) dan Rp.321.500 di SPBU dan minimarket. Isi ulang Bright Gas ini bisa didapat di Agen LPG, SPBU dan Minimarket yang tersebar di Indonesia dengan kisaran harga antara Rp.57.000 – Rp.62.000, tergantung wilayah. Fasilitas Bright Gas Layan Antar ini juga sangat memudahkan bagi mereka yang sibuk, malas keluar rumah dan ingin praktis.

Bright Gas Can 220 Gram

Satu lagi inovasi Pertamina dengan memproduksi Bright Gas Can 220 gram yang bisa digunakan dalam ruangan untuk kompor portabel (indoor cooking) dan cocok dibawa traveling seperti camping atau naik gunung (outdoor cooking) serta sangat berguna untuk kondisi darurat seperti kehabisan gas sementara aktifitas memasak tidak bisa dihentikan (emergency). Harus beli dulu kayaknya kelamaan. Nah, ibu-ibu bisa menggunakan Bright Gas 220 gram ini namun tetap harusย  dengan kompor portabel. Dengan adanya berbagai pilhan ukuran tabung ini, saya rasa kita sudah sangat dimudahkan dan diberi solusi sesuai kebutuhan masing-masing.

Nah, berikut spesifikasi ukuran tabung Bright Gas Hemat yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita. Untuk berat tabung sebelum diisi gas bisa dilihat pada bagian luar tabung.

Kenapa disebut-sebut gas LPG Pertamina sebagai solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan? Mungkin sebagian ibu-ibu rumah tangga, selama ini hanya tahu bahwa memasak dengan gas LPG itu ngeri-ngeri sedap. Ngeri jika meledak dan sedap karena masaknya jadi cepat. Padahal tidak hanya itu kelebihan menggunakan gas LPG. LPG atau ELPIJI adalah singkatan dari Liquifield Petronium Gas yang artinya adalah gas alam yang dicairkan. Jadi kalau awalnya berbentuk gas, kemudian diubah fasanya menjadi cair agar mudah menyimpan dan mendistribusikannya dalam bentuk tabung-tabung gas saperti yang biasa kita gunakan. Kira-kira seperti itu penjelasan sederhananya.

Lalu apa keuntungannya dibanding minyak tanah yang dulu sering kita gunakan? Saya masih ingat, banyak spekulasi di tengah masyarakat waktu itu bahwa konversi minyak tanah ke gas LPG adalah akal-akalan pemerintah agar bisa bebas menjual minyak tanah ke luar negeri. Agar masyarakat dipaksa menggunakan gas yang waktu itu masih terasa mengerikan karena berpotensi meledak. Saya sendiri terus-terang sempat percaya pada spekulasi tersebut. Namun setelah membaca berbagai informasi, saya pun percaya penggunaan gas LPG sebenarnya sangat memudahkan dan menguntungkan. Nih saya kasih tahu ke ibu-ibu beberapa kemudahan dan keuntungan yang saya rasakan.

  1. Hemat Waktu. Jika dibandingkan, memasak dengan minyak tanah selama satu jam, dengan menggunakan gas LPG cukup hanya setengah jam saja.
  2. Hemat Biaya. Nah kalau hitung-hitungan uang ibu-ibu pasti tahu hematnya penggunaan gas LPG dibanding minyak tanah. Dalam sebulan bisa hemat sekitar 100 ribu, lumayan kan?
  3. Lebih Praktis. Jika memasak dengan kompor minyak tanah, kita harus menyalakan kompor menggunakan lidi, memantik korek api dan menyalakan sumbunya hingga rata. Sedangkan dengan kompor gas tinggal menekan atau memutar tuasnya, kompor langsung siap dipakai.
  4. Lebih Bersih. Ini sudah jelas ya, dapur yang menggunakan kompor minyak tanah pasti menyisakan abu hitam di dinding dapur sementara dengan kompor gas bersih tanpa jelaga.
  5. Tidak Berbau. Memasak dengan kompor minyak tanah menyebarkan bau asap ke seluruh ruangan, sementara menggunakan kompor gas sama sekali tidak berbau.
  6. Ramah Lingkungan. Hasil pembakaran minyak tanah menghasilkan asap dan polusi udara sementara gas LPG sangat minim polusi.
  7. Hasil Masakan Sempurna. Hasil pembakaran gas LPG menghasilkan kalori tinggi dan stabil, masakan pun matang sempurna dan merata.
  8. Mudah didapat. Pendistribusian gas LPG lebih mudah dibanding minyak tanah karena kemasannya yang praktis. Tak hanya di Agen-agen LPG, kita juga bisa membeli di minimarket-minimarket, SPBU atau memesan langsung di Bright Gas Layan Antar 500-000.

Jadi slogan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan ini tak sekadar omong kosong karena kita sudah membuktikan sendiri sejak 2004, saat dimana konversi minyak tanah ke LPG dimulai. Dari sisi keamanan sudah cukup jelas dipaparkan di atas, tinggal bagaimana kita menggunakannya. Karena seringkali kecelakaan tabung gas ini terjadi karena salah dalam pemakaiannya. Maka jangan lupa perhatikan cara menggunakannya.

Nah, sekarang tentu kita sudah sangat paham kenapa LPG aman dan jadi pilihan yang tepat untuk kebutuhan memasak. Ditambah dengan munculnya produk Bright Gas Hemat ThingPink yang cantik di atas, saya rasa kita bisa lanjutkan acara masak-masaknya dengan penuh kehangatan dan keceriaan. Yuk! ๐Ÿ˜‰

Happy cooking, Mom!

Note: Semua ilustrasi dalam artikel ini diambil dari situs resmi dan media sosial Pertamina Indonesia dan dimodifikasi oleh penulis tanpa mengurangi hak cipta.


 

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik sebagai penulis bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di Blogger Muslimah, saat ini masih aktif sebagai Manager Marketing dan Komunikasi di Asia Wisata, juga relawan di program Wonderful Indonesia.


3 thoughts on “Si Cantik Pink dan Ungu dari Pertamina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *