Tips Menulis Yang Simpel

tips-menulisKetika kita ingin menulis sesuatu di blog, gimana sih caranya agar tulisan kita terasa greget dan ingin dibaca orang lain? Sebenernya kita gak harus memilih kalimat yang fantastis atau menggunakan bahasa langit yang wah!

Cukup lakukan beberapa hal berikut:

1. Tulislah apa yang benar-benar ada dalam benakmu, ide dan gagasanmu.
2. Jika kamu teride (bahasa apa ini ya?) dari tulisan orang lain boleh-boleh saja, namun kembangkanlah tulisan itu dengan kalimatmu sendiri.
3. Jauhi penyakit akut ‘tukang copas’ hanya demi memenuhi blog atau ingin terlihat hebat.

4. Gunakan saja bahasamu sehari-hari (kalau bahasamu bahasa daerah jangan lupa diterjemahkan ya hehehhe… artinya berbicaralah seolah-olah itu dirimu, tidak usah mendadak berubah jadi trainer 😀

5. Jika kamu sudah belajar tanda baca, maka gunakan secara tepat dalam tulisanmu. Jika kamu belum belajar (pasti bohong, di SD kan kita belajar, Bro) sebaiknya kamu belajar lagi. Karena tulisan yang kacau tanda bacanya sangat menyebalkan untuk dibaca.

6. Tata dan atur paragraf demi paragraf, jangan kepanjangan hingga memusingkan pembaca.

Nah, kurang lebih itu tips menulis yang simpel khusus buat kamu yang masih belajar menulis. Buat yang sudah mahir, silakan ditambahin aja hehe…

Baca juga: Apa sih manfaat ngeblog?

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik sebagai penulis bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di Blogger Muslimah, saat ini masih aktif sebagai Manager Marketing dan Komunikasi di Asia Wisata, juga relawan di program Wonderful Indonesia.


One thought on “Tips Menulis Yang Simpel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *