Ukhti, Munira dan Erita Zurahmi

Membahas sosok perempuan yang sukses berbisnis memang selalu menarik. Mereka memberi inspirasi bagi banyak perempuan lainnya. Siapa yang tidak kenal merek dagang UKHTI, sebuah produk baju muslimah berbahan kaos yang sudah berdiri sejak 1 Mei 2008. UKHTI telah ikut meramaikan pasar busana muslim dengan ciri khasnya sendiri. Berbagai desain baju kaos telah lahir dari rumah produksi UKHTI.

Lalu siapakah pemilik merek dagang UKHTI ini?

erita-zurahmi-ukhtiBeliau adalah Erita Zurahmi, perempuan asal Aceh yang bersama suaminya, Safri Helmi, sedang giat-giatnya mengembangkan bisnis mereka. Ternyata sebelum memproduksi UKHTI, beliau sudah memulai bisnis dengan menjadi agen dan distributor produk kaos muslimah yang lain. Pengalaman itulah yang kemudian dijadikan bekal dan motivasi untuk membuat produk sendiri. Dimulai dengan membuat 100 pcs baju kaos pada produksi pertama, kini UKHTI sudah bisa memproduksi ribuan baju kaos tiap bulannya.

Bisnis tentu tidak bisa dielakkan dari untung rugi. Erita bercerita bahwa beliau pernah harus menanggung hutang sekitar 1 miliar karena tertipu masalah bahan yang kualitasnya sangat buruk hingga tak mungkin untuk dipasarkan. Luapan kekecewaan dari para agen dan distributor UKHTI mau tidak mau harus ditelan sebagai konsekuensi bisnis. Kejadian ini tak hanya membuat Erita belajar banyak tentang bahan-bahan yang akan digunakan, namun juga membuatnya semakin pasrah dan percaya pada pertolongan Allah. Dalam rentang satu tahun, beliau akhirnya bisa melewati masa krisis tersebut dan kembali bangkit. Alhamdulillah.

Saat ini UKHTI telah berhasil memasarkan produknya ke seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah distributor sebanyak 25 yang tersebar di berbagai daerah. Kegiatan UKHTI kini terpusat di Ruko Permata Puri I Blok M8 No. 10, Jl. Radar Auri Cimanggis Depok. Jumlah karyawan yang membantu operasional UKHTI saat ini adalah 14 orang. Omset UKHTI juga sudah terbilang besar dengan perolehan sejumlah ratusan juta perbulannya.

Lalu apa kelebihan UKHTI hingga bisa eksis di tengah persaingan yang semakin sengit? Erita mengandalkan bahan yang nyaman dipakai serta desain yang beragam hingga konsumen memiliki banyak pilihan. Kisaran harga produk UKHTI adalah Rp.99.000 sampai Rp.270.000. Harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat kita tentunya.

UKHTI terus berkembang pesat. Kini brand-brand baru pun diluncurkan di bawah rumah produksinya. MUNIRA, brand yang mengusung produk jilbab dengan model kekinian. Pemasaran yang cukup masif di media sosial membuat produk ini cepat dikenal oleh konsumen. Termasuk saya yang jatuh hati pada beberapa produknya. Harganya pun masih terjangkau dan sebanding dengan kualitas produknya.

munira

Foto di sebelah kiri ini adalah real pict saya bersama pasmina instan Munira biar gak disangka hoax. Saking sukanya saya sudah punya tiga lho hehehe, maruk!

Selain MUNIRA, Erita juga meluncurkan produk ekslusif yang diberi nama sesuai nama beliau sendiri yaitu ERITA ZURAHMI, produknya berupa stelan pakaian muslimah dengan model yang kekinian namun tetap syar’i. Meski dibanderol dengan harga premium, produk terbaru ini memang memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Dalam melakukan pemasaran, rumah produksi UKHTI juga memasang iklan di berbagai media cetak seperti majalah dan juga media sosial internet. Erita yang juga aktif di kegiatan TDA ini tak ingin menikmati hasil usahanya sendirian. Beliau membuat program-program sosial sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang telah diberikan Allah. Seperti program memberangkatkan umrah bagi yatim piatu serta bagi-bagi kaos gratis untuk dhu’afa.

Oke, kita tunggu gebrakan selanjutnya dari Erita dan rumah produksinya 🙂

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dengan mengangkat tema sejarah dan budaya, aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita Islam.


One thought on “Ukhti, Munira dan Erita Zurahmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Share yuk untuk berbagi manfaat pada yang lain!

  • Follow by Email
  • Facebook
  • Twitter
  • Telegram