Urban Syiar Project, dari Khadija untuk Dakwah dan Kemanusiaan

Urban Syiar Project adalah sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Khadija atau yang dikenal dengan nama Peggy Melati Sukma, selebriti tanah air multitalenta yang telah meninggalkan glamournya dunia keartisan dan fokus berdakwah serta aktif dalam aksi kemanusiaan. Cerita selengkapnya tentang Teteh Khadija bisa dibaca di artikel Peggy Melati Sukma (Teteh Khadija) yang Menginspirasi.

Jadi Urban Syiar Project ini adalah gerakan Islam yang bekerja di Indonesia dan berbagai belahan dunia melalui misi dakwah, sosial dan kemanusiaan.

Program Membumikan Al Quran

Dalam program ini ada tiga (3) gerakan yang dilakukan oleh Peggy bersama tim dakwahnya.

1.Gerakan GoHijrah

Ini adalah sebuah gerakan yang bekerja untuk menebarkan inspirasi hijrah ke berbagai kalangan dan lapisan masyarakat, khususnya muslimah yang dalam usia produktif. GoHijrah memiliki program Majelis Inspirasi Hijrah yang selama tahun 2014-2017 sudah berkeliling di berbagai kota di 80% provinsi di Indonesia serta 20 negara di dunia. Selama berkeliling itu Peggy juga menghasilkan buku-buku inspiratif terkait perjalanan dakwahnya di berbagai negara.

2. Amazing Muslimah

Gerakan yang satu ini bertujuan membebaskan para muslimah dari buta huruf Al Quran terutama muslimah di Indonesia. Caranya dengan memberikan Pelatihan Baca Al Quran Gratis sejak tahun 2014 dan kini sudah hampir mencapai 15.000 orang yang merasakan manfaat dari gerakan ini. Gerakan ini bekerjasama dengan Dompet Dhuafa.

3. Aku Mengaji

Ini adalah sebuah program membumikan Al Quran bagi anak-anak Indonesia dengan mengadakan pembiayaan bagi pembangunan 99 Rumah Belajar Al Quran (RumBelA) yang diberi nama Asmaul Husna. Gerakan ini lebih diprioritaskan untuk daerah pedesaan atau daerah pelosok yang belum memiliki fasilitas sejenis. Selama tahun 2016-2017 sedang dilakukan pembangunan 10 buah RumBelA yang namanya diambil dari Asmaul Husna yaitu Ar Rahman, Ar Rahim, Al Malik, Al Quddus dan seterusnya hingga kelak mencapai 99 buah. Insya Allah.

Program Bantuan Kemanusiaan Dunia Islam (Akhwat Bergerak)

Program ini juga telah merangkum tiga perjalanan Peggy di bidang kemanusiaan yang dicatat sebagai berikut.

1.Cinta untuk Palestina

Sejak tahun 2014 telah mendistribusikan bantuan kemanusiaan secara rutin untuk anak-anak dan perempuan di wilayah Jalur Gaza, Palestina. Di antara bentuk bantuan itu adalah:

  • Membangun sekolah khusus anak-anak difabel, bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT).
  • Mendirikan sentra pelatihan keterampilan dan pemberdayaan ekonomi untuk janda syuhada.
  • Bantuan persalinan mencapai 1000 ibu dan bayi.
  • Bantuan makanan di bulan Ramadhan
  • Bantuan kebutuhan di musim dingin.
  • Qurban untuk Gaza.

Mulai tahun 2016 dilakukan program kemanusiaan untuk wilayah Tepi Barat Palestina yaitu bantuan kaki dan tangan palsu  bagi pemuda dan pemudi Palestina korban serangan Israel.

2. Cinta untuk Suriah

Pada tahun 2016 mulailah dilakukan program bantuan makanan di bulan Ramadhan untuk Suriah. Begitupun program Qurban untuk Suriah. Tahun 2017 dimulailah pembangunan Health Center Complex (Klinik Pelayanan Kesehatan Lengkap) di Idlib (perbatasan dengan Turki) untuk membantu pasien-pasien dari area konflik Suriah.

3. Cinta untuk Rohingya

Gerakan Urban Syiar Project ikut membantu pembangunan shelter untuk Muslim etnis Rohingya yang terdampar di Aceh karena terusir dari wilayah tinggalnya di provinsi Rakhine, Burma.

Program Dakwah Dunia Global

Gerakan ini disebut juga dengan Telling Islam to the World yang sudah berjalan di Amerika Serikat berkolaborasi dengan Nusantara Foundation USA dan Dompet Dhuafa Indonesia. Kegiatan ini menjalankan program dakwah Islam lewat aktifitas dialog dan berbagai forum di Amerika Serikat. Juga melakukan pembangunan Islamic Learning Centre di New York City sebagai basis laboratorium dakwah yang terbuka bagi Muslim atau Non Muslim yang ingin tahu lebih dalam tentang Islam.

Cikal bakal kegiatan ini juga sedang dilakukan di beberapa negara seperti Jerman, Hong Kong dan lainnya.

Program Sedekah (Indonesia Muslimah Activity for Sedekah)

Gerakan ini menggalang sekelompok muslimah untuk menggelorakan penggalangan sedekah  yang hasilnya digunakan untuk membiayai program-program Urban Syiar Project dan kegiatan sosial lainnya. Di antara gerakan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

#BelanjaSudahSedekah

Gerakan penjualan Charity Product Peggy Melati Sukma berupa jilbab, gamis, bros, tas, buku-buku dan sebagainya.

#UmrohSudahSedekah

Gerakan yang menawarkan paket perjalanan umroh yang di dalamnya sudah termasuk sedekah.

#ZiarahKemanusiaanPalestina

Perjalanan ziarah sejarah Islam ke Jordan dan Palestina sekaligus membawa amanah sedekah langsung untuk rakyat Palestina.

 

Nah, bagi yang ingin bergabung dalam gerakan Urban Syiar Project ini bisa menghubungi nomor kontak 0812-8647-1632 atau 0812-8611-5571 dan bisa juga melalui email pmstwit@gmail.com atau timpmstwit@gmail.com.

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dan aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita dengan judul Cinta Jemputlah Aku. Selain jadi Founder di komunitas Blogger Muslimah Indonesia, saat ini juga jadi Tour Planner di program Muslimah Trip, dan masih senang jadi relawan Kemenpar untuk Wonderful Indonesia.


One thought on “Urban Syiar Project, dari Khadija untuk Dakwah dan Kemanusiaan

  1. Leila

    Ma sya Allah banyaknya… semoga menambah barakah dari hijrahnya teh Peggy dan jadi jalan semakin menebar manfaat untuk orang banyak, ya…

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *