Posts by: Novia Syahidah

Biografi Singkat Nasruddin Hoja

Saya termasuk penggemar cerita-cerita Nasruddin Hoja sejak kecil. Dulu saya sering bertanya-tanya, siapa sih Nasruddin Hoja itu sebenarnya?...

Memilih dan Mengembangkan Tema

Kemaren kan kita sudah tahu bagaimana cara mencari tema tulisan. Sekarang, dari sekian banyak tema itu bagaimana memilihnya? Yuk, berikut...

Bayang-bayang Hitam (Bukan Resensi)

Iyasu tersenyum sinis, “Bagiku kematian tidaklah penting dan aku tidak memikirkannya. Yang kupikirkan adalah jalan kesengsaraan yang...

Nasruddin dan Seorang Filsuf

Seorang filsuf dan moralitas terkenal singgah di kota tempat Nashruddin tinggal. Filsuf itu telah banyak mendengar tentang kebijaksanaan...

Sindrom Angka 40 (Antara Fakta, Mitos dan Mistik)

Ada apa dengan angka 40? Kenapa ia begitu banyak mewarnai (atau malah menghantui?) pikiran masyarakat? Mungkin ini hanya berlaku pada...

Mencari Ide dan Tema Tulisan

Menulis teori kepenulisan di blog ini rasanya basi banget, deh. Apalagi terkait denganbagaimana menacri ide dan tema tulisan....

Ketika Damai Tercabik

Aku memperhatikan ayah membongkar aqals yang kami tempati selama seminggu ini. Sementara ibu nampak sibuk membenahi peralatan dapur yang...

Tips Menulis Yang Simpel

Ketika kita ingin menulis sesuatu di blog, gimana sih caranya agar tulisan kita terasa greget dan ingin dibaca orang lain? Sebenernya kita...

Antara Saya dan Asisten Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki keterbatasan tenaga dalam mengurus rumah tangga, peran seorang Asisten Rumah Tangga (ART) buat saya...

Matikan Ponselmu!

Harusnya mematikan ponsel dalam penerbangan jadi hal yang perlu diperhatikan secara serius. Karena resiko dari perbuatan tersebut adalah...

Tali Menuju Masjid

Seorang lelaki merasa heran melihat sebuah tali yang terbentang antara masjid dan rumah seorang warga di dalam gang. Sebagai warga baru di...

PINDAHAN

“Pokoknya aku mau pindah lagi, Win!” Aku memandang wajah Siska dengan kening berkerut. “Pindah lagi? Kemana?” “Rencana sih, ke...

Yang Tersisa Dari Singapura

Dalam rangkaian raker kantor pertengahan Desember lalu, saya bersama para manager Asia Wisata melakukan perjalanan dinas plus jalan-jalan...

Pro Kontra Vaksinasi

Pro: “Semoga anda nanti diakhirat bisa bertanggung jawab karena himbauan anda untuk menolak vaksinasi telah menyebabkan merebaknya...

Apa Sih, Manfaat Ngeblog?

Buat yang masih galau nih, buat apa sih kita ngeblog? Buang-buang waktu aja! Eit, jangan salah, coba kamu simak dulu yang berikut ini ya,...

Laut Mati Yang Indah dan Bersejarah

Laut Mati adalah sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi ummat Islam. Al Qur’an dengan gamblang bercerita bagaimana sejarahnya laut...