Kuttab Al Fatih, Model Pendidikan Rabbani Sebagai Pilar Peradaban (2)

Nah, setelah mengintip cabang-cabang Kuttab AL Fatih di daerah Jabodetabek dan Jabar, sekarang kita intip juga cabang di daerah lain ya. Yuuuk…!

Cabang Kuttab Al Fatih Jawa Tengah

1) Kuttab Al Fatih Semarang

Kuttab Al-Fatih Semarang diprakarsai oleh Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) bekerja sama dengan Yayasan Sultan Trenggono (Semarang). Kuttab Al-Fatih Semarang dilaunching pada tanggal 20 April 2013 dan merupakan Cabang ke-5 Kuttab Al-Fatih setelah Depok (Pusat), Purwakarta, Jakarta Timur, dan Bekasi.

Pada tahun 2017, kuttab Al-Fatih Semarang berada di 2 lokasi. Lokasi pertama, diperuntukkan bagi santri level Awal dan Qonuni 1 kelas khsusus, berada di lingkungan PonPes Insanul Iman yang terletak di Jalan Turus Asri II No 02, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang. Dan lokasi kedua, diperuntukkan bagi santri level Qonuni, berada di lingkungan PonPes Saubari Bening Hati yang terletak di jalan Raya Bukit Kencana Jaya No. 7 Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang. Di tahun kelima berdiri, Kuttab Al-Fatih Semarang memiliki santri sejumlah 213 orang yang terbagi menjadi 17 Kelas Iman dan 20 Kelas Al-Quran dengan tim penggerak baik guru maupun karyawan sebanyak 47 orang.

2) Kuttab Al Fatih Tegal

Kuttab Alfatih Kab. Tegal berlokasi di Kota Slawi, dengan letak yang insya Allah sangat strategis yaitu di Jl. Dr. Wahidin No. 5 Kecamatan Slawi Kulon, Kabupaten Tegal (sebelah Timur RSUD Soesilo Slawi). Ada kisah menarik dari tempat Kuttab ini berdiri.

Dahulu, tanah yang saat ini ditempati oleh Kuttab adalah sebuah lokasi rumah makan. Beberapa bulan berjalan, rumah makan tersebut tutup. Tanah ini pernah pula digunakan untuk tempat pembuatan batu mulia/batu akik. Lalu pernah pula digunakan untuk tempat kontes burung oleh masyarakat sekitar. Setelah itu selama 3 tahun tanah tersebut tidak pernah digunakan lagi jadi tanah nganggur.

Pihak Kuttab lalu mengajukan proposal kepada pemilik tanah. Qodarullah, sambutan baik ditunjukkan oleh pemilik tanah. Alhamdulillah. Karena ternyata dulu pemilik tanah sangat menginginkan tanah ini menjadi sebuah pusat pendidikan. Akhirnya tanah yang luasnya kurang lebih 2500 meter itu sekarang telah dipakai untuk aktivitas belajar Kuttab Al Fatih Tegal.

Suasana alamnya masih rindang dengan saung-saung sebagai kelasnya. Terdapat kolam renang dan juga lapangan. Para santri pun sangat senang belajar di Kuttab Al Fatih. Ini adalah bukti bahwa Kuttab tak harus memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan mewah. Tak ada syarat bahwa belajar itu harus dengan fasilitas yang lengkap dan mahal.

3) Kuttab Al Fatih Purwokerto

Kuttab Purwokerto adalah cabang Kuttab Al Fatih yang menempati urutan ke-5 setelah Semarang dalam pendiriannya. Bagi para pengurus, berdirinya Kuttab Al Fatih di Purwokerto adalah suatu kehormatan dan karunia karena menjadi satu-satunya cabang yang berdiri di tahun 2014. Kuttab Al Fatih Purwokerto hadir memberikan warna baru dan alternatif pendidikan diusianya, menjadikannya ikut berperan yang sama dengan lembaga pendidikan yang sudah tumbuh sebelumnya di Purwokerto.

Peminat Kuttab mayoritas dari luar lingkungan bahkan luar kota, tak sedikit orang tua yang harus berhijrah demi menyesuaikan sekolah anaknya. Hingga informasi dan harga kontrakan rumah ikut menjadi berita hangat di awal tahun pelajaran, secara tidak langsung menjadi sumber keberkahan bagi masyarakat sekitar Kuttab.

Hingga masuk tahun keempat jumlah santri 135 orang dan telah meluluskan 9 santri yang sebagian besarnya melanjutkan ke Madrasah Al Fatih.

4) Kuttab Al Fatih Yogyakarta

Kuttab Al-Fatih Tegalrejo Kota Yogyakarta berlokasi di jalan Demakan Baru 756, Tegal Rejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 10 menit dari Malioboro. Berdiri Desember 2018. (Maaf, belum ada informasi yang saya dapat terkait jumlah santri dan guru cabang Yogyakarta ini)

Cabang Kuttab Al Fatih Jawa Timur

1) Kuttab Al Fatih Gresik

Alhamdulillah Kuttab Al Fatih (KAF) Gresik sekarang memasuki tahun ke 2 dan berlokasi di Jln Sumbawa 17 Gkb Kelurahan Randuagung Kec Kebomas Kabupaten Gresik dengan bangunan 2 lantai – luas tanah 356 m2 – luas gedung 342 m2. KAF Gresik berdekatan dengan Universitas ternama yaitu UMG (Universitas Muhammadiyah Gresik). Di KAF Gresik ini tersedia aula sekaligus kelas buat pertemuan walisantri sebulan sekali. Alhamdulillah juga di gedung yang baru ini tersedia perpustakaan serta Kolam Renang.

Sebelumnya KAF Gresik berlokasi di perumahan di Jl Samarinda 20 GKB dengan luas tanah 80 m2 dan luas gedung 60 m2, dengan jumlah 30 santri dan 3 kelas. Dikarenakan tempat yang tidak mencukupi lagi dan antusias warga Gresik memasukkan anak-anaknya di KAF Gresik, akhirnya di tahun ke-2 aktivitas belajar pindah ke gedung yang bisa mencukupi kapasitas santri. Di tahun ke-2 ini jumlah santri 72 orang sehingga membutuhkan 3 kelas lagi untuk menampungnya.

2) Kuttab Al Fatih Jember

Kuttab Al-Fatih Jember, yang bertempat di daerah tapal kuda, dengan jumlah pondok pesantren melebihi jumlah desanya. Kuttab Al-Fatih Jember didirikan berkat diskusi kecil tentang pendidikan Islam serta pengenalan Kuttab kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Kuttab Al-Fatih Cabang Malang pada bulan Juli 2016. Akhirnya, dibentuklah tim perintis Kuttab Al-Fatih Jember yang mempersiapkan pendirian Kuttab Al-Fatih Cabang Jember.

Alhamdulillah Kuttab Al-Fatih Jember resmi di-launching 11 Februari 2017 di Masjid Darussholah Jember dengan mendapat respon yang luar biasa dari segenap lapisan masyarakat Kabupaten Jember mulai dari akademisi hingga praktisi pendidikan. Lokasi Kuttab Al-Fatih Jember adalah di Perumahan Griya Semeru Permai Blok A 08-09 Jalan K.H. Abdus Syukur Sumbersari Kabupaten Jember. Lokasi dataran tinggi yang asri dan nyaman cocok untuk pendidikan. Alamat Kuttab Al-Fatih Jember sangat mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat.

Kuttab Al-Fatih Jember membuka 2 kelas di tahun pertamanya, Kuttab Awal 1 dan Kuttab Awal 2. Setiap kelas terdiri dari 2 guru. Guru Iman dan Al-Qur’an. Guru-guru Kuttab Al-Fatih Jember banyak memiliki pengalaman mengajar sebelum bergabung dengan Kuttab Al-Fatih Jember. Alamat santri Kuttab Al-Fatih Jember sangat bervariasi, mulai dari yang paling dekat hingga lintas kecamatan sejauh lebih dari 40 km.

3) Kuttab Al Fatih Malang

Cabang Kuttab AL Fatih Malang didirikan tanggal 15 Juli 2015. Bertempat di Kawasan Masjid Abu Dzar Al Ghifari yang Bberalamat di Perum Griya Shanta Blok E 219 A RT 01 RW 16 Malang Jawa Timur. Kepala Kuttab adalah Ustad Muhammad Furqon bersama 24 dewan guru serta 2 staff administrasi.

4) Kuttab Al Fatih Jombang

KAF Jombang merupakan salah satu di antara dua cabang Kuttab Al Fatih yang awal berdiri di Jawa Timur berbarengan dengan cabang Malang. Bermula dari ketertarikan konsep pendidikan Islam yang disampaikan oleh Ust Budi Ashari, Lc pada sebuah acara seminar di Jawa Timur, akhirnya biidznillah dari rintisan awal kemudian diresmikan menjadi Kuttab Al-Fatih jombang pada tahun 2015.

Menjadi tantangan tersendiri bagi tim perintis awal. Alhamdulillah, kemudahan dan pertolongan dari Allah senantiasa mengalir dalam setiap perjalanannya meski dengan berbagai keterbatasan. Hanya kepada Allahlah kami berharap. Berbekal keyakinan, berharap kebesaran, melahirkan generasi gemilang di usia belia. Insya Allah.

5) Kuttab Al Fatih Kediri

Kuttab Al-Fatih Kediri merupakan cabang ke-23 yang di-launching pada hari Ahad, 19 Februai 2017. KAF Kediri sementara bertempat di sebuah rumah di Jl. Husni Thamrin 318 A Talun Desa Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Kecamatan Pare dikenal sebagai kecamatan yang memiliki kampung bahasa yang dikenal sebagai Kampung Inggris yang terletak di desa Tulungrejo atau sekitar 2 km dari KAF Kediri.

Pada Tahun ajaran baru 2017/2018 atau angkatan pertama dilaksanakan pendidikan dengan jumlah santri sebanyak 34 anak, terdiri dari santri Kuttab Awal 1 sebanyak 12 anak, santri Kuttab Awal 2A sebanyak 11 anak, dan santri Kuttab Awal 2B sebanyak 11 anak.

6) Kuttab Al Fatih Surabaya

Kuttab Al-Fatih (KAF) Surabaya adalah cabang dari Kuttab Al-Fatih Pusat (Depok, Jabar). Berdiri pada Jumat, 22 Safar 1437 (4 Desember 2015). Dirintis oleh orangtua-orangtua yang mempunyai semangat dan ketertarikan yang sama terhadap lembaga bernama Kuttab.

Para perintis KAF Surabaya beberapa kali melakukan pengamatan ke KAF Pusat, sebelum akhirnya mengajukan proposal pendirian KAF di Surabaya. Pada tahun pertama pengajuan, qodarullah, proposal pengajuan pendirian belum mendapat pengabulan dari KAF Pusat. Ada beberapa syarat yang perlu terlebih dahulu dipenuhi, sehingga disarankan membuat Kuttab rintisan yang terlepas dari Kuttab Al-Fatih.

Dari situ kemudian lahirlah Kuttab Surabaya. Sambil terus membekali para guru dengan ilmu dan pengalaman, tim Kuttab Surabaya mengirim para gurunya mengikuti pembekalan guru yang diselenggarakan oleh Kuttab Al-Fatih. Setahun berlalu, proposal pendirian kembali diajukan dan segala puji bagi Allah, ’Kuttab Surabaya’ secara resmi bergabung dengan keluarga besar KAF dan berganti menjadi ’Kuttab Al-Fatih Surabaya’.

KAF Surabaya sementara berlokasi di dua tempat, satu tempat sebagai Kantor Pusat yang berupa sebuah rumah sederhana di Jalan Gubeng Kertajaya 5D no 47a, Surabaya, bangunan ini adalah bangunan milik hamba Allah yang berkenan meminjamkan rumahnya untuk kegiatan belajar Kuttab. Sedangkan tempat yang lain, yang sama-sama berupa rumah sederhana ialah Gedung Unit di Jalan Gubeng Kertajaya 9B no 34a, Surabaya.

Di tahu ajaran 2017-2018, KAF Surabaya terdiri dari 1 kelas Kuttab Awal 1, 2 kelas Kuttab Awal 2, 1 kelas Kuttab Awal 3, dan 1 kelas Kuttab Qanuni 1. Terdiri dari 63 santri, 1 penanggung jawab syariah, satu 1 Kepala Kuttab, 5 guru Al Qur’an, 5 guru Iman, dan 1 admin merangkap guru bantu.

7) Kuttab Al Fatih Probolinggo

Kuttab Al-Fatih Probolinggo terletak di wilayah Tapal Kuda dan menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Kuttab Al-Fatih Probolinggo. Didirikan melalui diskusi tentang pendidikan Islam serta pengenalan Kuttab kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke Kuttab Al-Fatih cabang Malang. Akhirnya, terbentuklah Kuttab Al Fatih Probolinggo.

Alhamdulillah Kuttab Al Fatih Probolinggo resmi di-launching pada tahun 2016 di Masjid Taman Bahagia Probolinggo. Kemudian bergabung dengan Kuttab Al Fatih pada tahun 12 Februari 2017. Lokasi Kuttab Al-Fatih Probolinggo di Jl. Mastrip Gg Blok B No. 22 Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok. Kuttab Al-Fatih Probolinggo sangat mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat.

Kuttab Al-Fatih Probolinggo membuka 1 kelas di tahun pertamanya, yakni Kuttab Awal 1. Pada tahun 2017, Kuttab Al-Fatih Probolinggo membuka 2 kelas, Kuttab Awal 1 dan Kuttab Awal 2, dengan didampingi oleh 6 dewan guru, dan 1 staf administrasi.

8) Kuttab Al Fatih Sidoarjo

Alhamdulillah Kuttab Al Fatih Sidoarjo telah melakukan lauching menjadi cabang yang ke 27. Acara tersebut diselenggarakan di Masjid Ad Da’wah Perumahan Rewwin Waru-Sidoarjo pada tanggal 17 Februari 2018 dalam bentuk kajian yang diisi oleh Direktur Pendidikan Kuttab Al-Fatih, Ustadz M.Ilham Sembodo, S.Pd dengan tema “Melahirkan Generasi Gemilang Di Usia Belia.”

Cabang Kuttab Al Fatih Sumatera

1) Kuttab Al Fatih Pagar Alam

Kuttab Al Fatih Pagar Alam berlokasi di Swadaya 8 kurang lebih masuk gang 50 meter berhadapan dengan lapangan voli dan berdekatan dengan Masjid Nurul Amal.

2) Kuttab Al Fatih Lampung Kemiling

Kuttab Al Fatih cabang Kemiling jalan Raden Imba Kesuma, Gang Keramat, RT 04 lingkungan 1, Kel Beringin Jaya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung, lokasinya berada di pinggiran kota Bandar Lampung namun akses ke kota sangat dekat. Lokasinya sangat strategis dan nyaman karena berada di kaki bukit sehingga bisa melihat pemandangan kota dengan sangat jelas.

Berdiri pada tahun 2016 atas inisiasi dr. Tito Sunarto owner Kosasih Grup sebagai wujud partisipasi dalam melahirkan generasi gemilang. Kuttab Al Fatih Kemiling saat ini dipimpin oleh ust Husni Tamrin, Lc, jumlah tim sebanyak 15 dengan rincian, guru ikhwan 5 orang, guru akhwat 7 orang , staf administrasi 1 orang, dan bagian kebersihan 1 orang. Saat ini jumlah santri di Kuttab Al Fatih Kemiling berjumlah 66 orang yang terbagi dalam 6 kelas.

3) Kuttab Al Fatih Padang

Kuttab Al-Fatih (KAF) Padang berada di tengah kota Padang (ibu kota Sumatera Barat yang terletak di pinggir pantai bagian barat Sumbar) di area perumahan padat penduduk, diharapkan dapat menjadi tempat lahirnya generasi-generasi gemilang yang akan memberi pengaruh besar terhadap masyarakat Islam di tanah air. Penduduk kota Padang mayoritas bersuku Minang dan beragama Islam yang terkenal kuat memegang prinsip beragama, termaktub di dalam pepatah orang Minang: Adaik basandi Syara’, Syara’ basandi Kitabullah (Adat bersandi Syari’at, Syari’at bersandi Kitabullah)

Kuttab Al-Fatih Padang resmi berdiri di kota Padang pada 29 Januari tahun 2017 yang di-launching langsung oleh Ustadz Budi Ashari, Lc di Masjid Al-Azhar Universitas Negeri Padang.

Kuttab Al-Fatih Padang dipimpin oleh ustadz Al Muhsin. Jumlah guru dan karyawan Kuttab Al-Fatih Padang saat ini sebanyak 17 orang, dengan pembagian 9 ikhwan dan 8 akhwat. Satu orang pengelola, satu orang penanggu jawab TAWAF, satu orang Kepala Kuttab, satu orang PJ Syar’i, satu orang PJ Rumah Tangga, lima orang guru Quran, lima orang guru Iman, satu orang guru Olahraga.

Saat ini santri KAF Padang berjumlah lima puluh orang. Dua belas orang di kelas Kuttab Awal 1A, sebelas orang di kelas Kuttab Awal 1B, sebelas orang di kelas Kuttab Awal 2A, sembilan orang di kelas Kuttab Awal 2B dan tujuh orang di kelas Kuttab Awal 2C.

4) Kuttab Al Fatih Pekanbaru

Tiga tahun sebelum hadirnya Kuttab Al-Fatih di Pekanbaru, tim Pekanbaru sudah terlebih dahulu terbentuk karena berada dalam satu naungan lembaga pendidikan yang berdiri sejak 2014. Cikal bakal hadirnya Kuttab Al-Fatih Pekanbaru telah mulai ada sejak akhir 2013, ketika itu ustadz Hidayatullah Ismail (pengelola KAF Pekanbaru saat ini) mengundang Ustadz Budi Ashari untuk mengisi parenting di daerah Bangkinang (60 KM dari Pekanbaru).

Ketika itu Ustadz Hidayatullah menyampaikan niat beliau akan mendirikan sebuah lembaga pendidikan, dan Ustadz Budi pun merespon agar datang ke Depok untuk diskusi tentang lembaga yang telah beliau mulai tahun 2012. Akhirnya di akhir tahun 2014 tim Pekanbaru Allah izinkan untuk berkunjung ke Kuttab Al-Fatih Depok, dari sanalah tim Pekanbaru pulang membawa sedikit ilmu dari segudang yang telah dirumuskan oleh tim pusat saat itu. Begitulah ilmu yang berkah, meskipun kunjungan itu hanya 2 hari namun efeknya langsung dirasakan oleh tim Pekanbaru yang kemudian diterapkan ke lembaga tim Pekanbaru.

Dan secara resmi awal 2015 tim Pekanbaru menjalani lembaga pendidikan Kuttab meskipun dengan nama lain, belum menjadi cabang. Dari pertemuan pertama itu semakin membuat penasaran tim Pekanbaru untuk terus belajar tentang konsep kuttab ini. Setelahnya secara berkala tim Pekanbaru mengundang tim Kaf Depok untuk mengisi di Pekanbaru, atau di lain waktu tim Pekanbaru yang datang ke Depok untuk menggali ilmu.

Seiring berjalannya waktu Kuttab di Pekanbaru semakin dihadapkan dengan berbagai tantangan pendidikan, dan ini yang sering diadukan kepada tim KAF Depok, akhirnya kabar gembira itu hadir ketika ustadz Arif mengabari bahwa Kuttab di Pekanbaru ditawarkan untuk memasukkan proposal pengajuan cabang Kuttab Al-Fatih Pekanbaru.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, setelah proses pengajuan dijalani, secara resmi tanggal 28 robi’ul tsani 1438 / 28 Januari 2017 Kuttab di Pekanbaru berganti nama menjadi Kuttab Al-Fatih Pekanbaru. Kuttab Al-Fatih Pekanbaru berada di tanah wakaf seluas 3 ha lebih kurang, berada tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru. Tepatnya di jalan SM. Amin/ Arengka 2 Ring Road No 1, Kelurahan Delima, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Saat ini santri Kaf Pekanbaru sebanyak 101 orang yang terbagi ke 8 kelas, jumlah tim guru berjumlah 16 orang.

5) Kuttab Al Fatih Banda Aceh

Kuttab Al-Fatih Banda Aceh terletak di Desa Gue, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Kuttab Al-Fatih Banda Aceh berada di satu komplek lahan yang sama dengan Pesantren Bina Insan Cendekia.

Jarak dari pusat Kota Banda Aceh sekitar 17 KM dan dapat ditempuh dengan waktu setengah jam dalam keadaan lalu lintas normal. Kondisi sosial masyarakat lingkungan kuttab didominasi oleh suku Aceh yang memegang teguh adat istiadat, budaya dan agama Islam yang kuat. Sebagian masyarakat di lingkungan Kuttab Al-Fatih Banda Aceh berprofesi sebagai petani.

Itulah cabang-cabang Kuttab Al Fatih untuk Wilayah Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera. Sampai jumpa di info Kuttab Al Fatih lainnya ya. Semoga bermanfaat dunia akhirat. 🙂

Note: Artikel ini disusun dari situs dan media sosial Kuttab Al Fatih

Yang belum baca bagian pertama tulisan ini, bisa diintip di sini: Kuttab Al Fatih, Model Pendidikan Rabbani Sebagai Pilar Peradaban (1)

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dengan mengangkat tema sejarah dan budaya, aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita Islam.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Share yuk untuk berbagi manfaat pada yang lain!

  • Follow by Email
  • Facebook
  • Twitter
  • Telegram