Kuttab Al Fatih, Model Pendidikan Rabbani Sebagai Pilar Peradaban (1)

Apa tuh sekolah Kuttab? Yang belum tahu bisa baca dulu ya di artikel sebelumnya: Kuttab, Bentuk Pendidikan Islam Generasi Terbaik. Nah berikut ini adalah contoh Kuttab yang sudah ada di Indonesia. Siapa tahu informasi ini membuat pembaca tertarik menyekolahkan anaknya di Kuttab.

Kuttab adalah konsep Islam yang mempunyai sejarah panjang melahirkan orang-orang besar. Seiring hilangnya kuttab dari dunia Islam, bumi pun mulai kehilangan cahaya dari para ulama dan ilmuwan. Apapun yang dikatakan oleh konsep pendidikan yang rumit dan sulit hari ini, kami memulai dengan berbekal keyakinan untuk melahirkan kembali lembaga pendidikan ini.

Dahulu Kuttab mengukir lahirnya karya-karya ilmiah yang abadi sampai hari ini. Dahulu Kuttab disebutkan dengan detail di tanah Haramain (Mekkah dan Madinah). Dahulu kuttab melahirkan ulama-ulama yang menjadi rujukan lembaga- lembaga islam zaman ini.

Catatan sejarah tentang Kuttab masih tersimpan dengan rapih. Rujukan dan Aplikasi lapangan tersusun dengan sempurna. Kriteria Pengelola dan Pengembangan lembaga terkonsep dengan baik. Bahkan Kurikulumnya pun disebutkan tanpa ada yang tertutupi.

Kuttab Al Fatih, Menginspirasi di Indonesia

Alhamdulillah, sekarang sudah ada sekolah yang merujuk pola pendidikan generasi awal ummat Islam yang memiliki motto: Adab Sebelum Ilmu. Kuttab yang akan kita bahas kali ini adalah Kuttab Al Fatih yang telah memiliki cabang di berbagai daerah. Yuk, kenalan…

Kuttab Al-Fatih adalah lembaga pendidikan untuk anak usia 5 – 12 tahun yang berkonsentrasi pada dua kurikulum utama, yaitu Kurikulum Iman dan Kurikulum Al-Qur’an. Jadi setingkat TK-B sampai kelas 6 SD. Alhamdulillah Kuttab AL Fatih sudah memiliki Izin operasional sebagai penyelenggara PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) dengan nomor 062/MKAF/MJR/05/2014.

Waktu belajar di Kuttab Al-Fatih setiap Senin sampai Jum’at, pukul 07.15 WIB – 13.00 WIB. Kuttab Al-Fatih mengajarkan pelajaran umum yang di-UASBN-kan saja. Itu pun akan disesuaikan dengan tema yang dipelajari/ dibahas dalam kelas. Kuttab Al-Fatih memiliki jenjang yang disebut dengan Kuttab Awal dan Kuttab Qonuni.

Kuttab Awal terbagi menjadi 3 level, yaitu Kuttab Awal 1, Kuttab Awal 2, dan Kuttab Awal 3.

Kuttab Qonuni adalah lanjutan dari Kuttab Awal. Kuttab Qonuni terbagi menjadi 4 level, yaitu Kuttab Qonuni 1, Kuttab Qonuni 2, Kuttab Qonuni 3, dan Kuttab Qonuni 4.

Santri Kuttab Al-Fatih akan diberikan raport setiap semester dan raport kenaikan jenjang. Kenaikan jenjang santri akan dilihat dari pencapaian standar Al-Qur’an, standar ilmu dan iman setiap level dan dimusyawarahkan dalam rapat guru.

Untuk kelulusan, santri dinyatakan lulus jika sudah mencapai target hafalan 7 Juz dan standar iman yang ada dalam laporan perkembangan/ raport semester.

Untuk level Kuttab Awal, setiap kelas berisi 12 santri. Untuk level Kuttab Qonuni, setiap kelas dapat berisi 20 – 25 Santri.

Para Pendiri Yayasan Kuttab Al Fatih

Yayasan pendidikan Islam ini didirikan oleh para tokoh pendidik dan agama. Mereka dalah orang-orang yang sangat perhatian pada keselamatan dan kemaslahatan generasi Islam yang akan datang. Mereka juga berusaha mengembalikan pola pendidikan anak-anak muslim ke pola pendidikan salafus sholeh yang sangat mengedepankan akhlaqul karimah dan karakter. Berikut orang-orang yang membidani lahirnya Kuttab Al Fatih.

Budi Ashari Lc

Pembina Yayasan

Budi Ashari, Lc, lelaki kelahiran Tulungagung, 17 April 1975 ini adalah suami dari Alfi Zulhidayati. Alhamdulillah, kini pernikahannya telah dianugerahi 4 orang anak: Dihya, Usamah, ‘Aisyah, dan Hamna.

Salah satu lulusan terbaik dengan predikat cumlaude dari Fakultas Hadits dan Studi Islam di Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia ini telah lebih dari 6 tahun mengkaji dan berdiskusi untuk mengeksplorasi konsep dan sistem Islam. Beliau yakin bahwa sejarah itu berulang.

Pada tahun 2012 bersama Ustadz Muhaimin Iqbal, Waalid Ilham dan tim angkatan pertama, mendirikan Kuttab Al Fatih untuk menjawab kegundahan masyarakat atas butuhnya lembaga pendidikan yang berbasis 2 kurikulum Iman dan Al Quran.

Muhaimin Iqbal

Ketua Yayasan

Lahir di Nganjuk Jawa Timur, 17 Maret 1963, Ustadz Muhaimin Iqbal dibesarkan dilingkungan pesantren yang dipimpin oleh ayahnya sendiri, Imam Hambali. Pagi ia sekolah umum, sore atau malam hari nyantri di madrasah.

Di SMU Muhammadiyah I Jogjakarta, Muhaimin Iqbal berhasil menyelesaikan pelajarannya dengan nilai tertinggi. Dengan prestasinya itu ia dapat masuk IPB tanpa tes. Jurusan Mekanisasi pertanian ia pilih dan lulus tahun 1985 dengan nilai tertinggi, sejak jurusan itu berdiri 18 tahun sebelumnya.

Waalid Ilham

Direktur Pendidikan

Ayah dari Qoqo dan Haritsah ini dengan nama lengkap Muhammad Ilham Sembodo yang di Kuttab Al Fatih akrab dipanggil Waalid (ayah) Ilham, sudah berkecimpung di dunia pendidikan sejak tahun 2002, dedikasi yang tinggi dalam dunia pendidikan, benar-benar total dalam berkarya di dunia pendidikan.

Karya-karya beliau berupa buku, tulisan-tulisan, audio visual dan lembaga pendidikan yang menjadi bukti bahwa dedikasi harus beriringan dengan hasil karya.

Ketiga tokoh ini juga didampingi oleh Tim Manajemen Kuttab AL Fatih yaitu:

  • Galan Nurahman Sandy sebagai General Manajer
  • M. Abduh Al Baihaqi sebagai Manajer Kurikulum
  • Lilik Abu Hisyam sebagai Kepala Kuttab Al-Fatih Pusat
  • Puji Faisal sebagai Manajer Media
  • Dida Dikjaya sebagai Manajer Keuangan
  • M. Brian Al Rasyid sebagai Manajer iKuttab Media Edukasi
  • ME. Imam Santosa sebagai Manajer Lentera Siroh Anak (LSA)

Itulah pengurus Yayasan Kuttab Al Fatih yang saat ini telah semakin berkembang di berbagai daerah di Indonesia.

Kurikulum Kuttab Al Fatih

Kurikulum KAF merujuk pada Al-Qur’an dan Sunnah yang dikaji dan diturunkan menjadi sebuah aplikasi di dalam pendidikan anak usia 5 – 12 tahun. Serta mengkaji dari kitab-kitab para ulama yang berbicara tentang pendidikan generasi. KAF meyakini ini tidak baru, sebab sudah ada dalam catatan sejarah. Hanya saja, catatan sejarah itu sudah lama terkubur dan terlipat. Maka KAF berusaha untuk menggali kembali dan membuka lipatan-lipatan sejarah itu agar bisa terealisasi untuk generasi zaman ini.

Namun yang jelas rujukan utama KAF adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah. Namun mereka senantiasa mengkaji pula kitab-kitab para ulama seperti: Siroh Nabawiyah, Al-Jami’ Li Syuabil Iman, Ar-Rasul Al-Mu’allim, serta kitab-kitab ulama lainnya yang kami yakini kebaikannya.

Kegiatan Harian Santri Kuttab Al Fatih

  1. Setiap hari Senin – Jum’at, santri Kuttab Al-Fatih datang ke Kuttab pukul 07.15. Sebelum masuk ke kelas masing-masing, seluruh santri dikumpulkan oleh para guru untuk melakukan ikrar/doa belajar sampai pukul 07.30. Saat ikrar, santri Kuttab Al-Fatih akan mendapatkan beberapa ilmu dari materi ikrar seperti: kisah-kisah dalam Al-Qur’an, mufrodat bahasa Arab, doa harian, dan hadits pilihan. Metodenya ialah dengan cara mengikuti, mendengarkan, atau mengulang-ulang bersama.
  2. Pukul 07.45 – 09.30 WIB, santri Kuttab Al-Fatih belajar Al-Qur’an dengan metode talaqqi. Bagi santri yang menunggu giliran talaqqi melakukan kegiatan-kegiatan seperti: muroja’ah bersama, memperbaiki bacaan, menulis khot, dsb. Kegiatan ini dipandu oleh guru kelas yang ikut mendampingi pelajaran Al-Qur’an.
  3. Pukul 09.30 – 11.30, seluruh santri masuk ke kelas Iman untuk melaksanakan kudapan (snack pagi) bersama guru kelas dilanjutkan dengan belajar Iman. Guru Al-Qur’an bergantian mendampingi guru kelas saat pengajaran.
  4. 11.30 – waktu Dzuhur, santri berkumpul di lokasi sholat untuk persiapan melaksanakan sholat Dzuhur.
  5. Waktu dzuhur – pulang, santri melakukan evaluasi pembelajaran dan makan siang.

Setiap hari Jum’at diisi dengan tasmi’ (memperdengarkan hafalan Qur’an) bagi yang sudah menyelesaikan hafalan dan ujian 1 juz. Khusus hari Jumat, kepulangan santri pukul 10.30 WIB.

Biaya Pendidikan Kuttab Al Fatih

Kaidah KAF untuk menentukan biaya pendaftaran dan SPP adalah mensurvei biaya pendidikan di sekitar Kuttab Al-Fatih berdiri dan berusaha menentukan standar yang paling minimal untuk biaya-biaya tersebut. Sesuai dengan panduan Kuttab yang tercatat dalam sejarah, biaya untuk pengelolaan Kuttab berasal dari beberapa sumber, antara lain: orang tua yang mengamanahkan anaknya di Kuttab, wakaf, infaq dan shodaqoh dari orang tua yang berkecukupan harta atau dari instansi dan perusahaan. Dengan model pembiayaan seperti ini maka dipastikan santri-santri yatim dan dhuafa sangat bisa tetap bersekolah di sini, bahkan harus ada.

Coba tonton video berikut ini untuk melihat bagaimana pola pendidikan Islam yang diterapkan di Al Fatih yang memiliki taglineGemilang di Usia Belia‘ ini.

Cabang Kuttab Al Fatih

Cabang-cabang Kuttab Al-Fatih di Indonesia sudah lumayan banyak lho, setidaknya tercatat ada 25 cabang se-Indonesia. Bagi yang ingin menyekolahkan putra-putrinya di lembaga ini bisa pilih lokasi yang diminati.

Cabang Kuttab Al Fatih Jabodetabek

1) Kuttab Al Fatih Depok

Kuttab Al-Fatih (KAF) Depok yang menjadi pusat bagi Kuttab Al-Fatih se-Indonesia ini berada di Kota Depok, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Lafran Pane (RTM) No. 100 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. KAF Depok berdiri pada tahun 2012 dan saat ini memiliki 4 lokal untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Keempat lokal itu yaitu lokal Bazar, lokal Hijau, local BCB, dan local Beji. Untuk local Beji sendiri baru dibuka pada tahun 2017.

KAF Depok dipimpin oleh Ustadz Lilik Abu Hisyam selaku Kepala Kuttab Al-Fatih Depok dan 5 orang Kepala Unit di bawahnya. Kepala Unit Bazar dan Hijau adalah Ustadz Imam Abu Arqom, Kepala Unit BCB Ustadz Anton, dan Kepala Unit Beji Ustadz Ibnu Abu Yahya.

Adapun untuk kurikulum Al-Qur’an di semua lokal/unit dipimpin oleh Ustadz Fuad Muhsin. Ada pula Kepala Unit Bidang Kerumahtanggaan di seluruh lokal yang dipimpin oleh Ustadz Firman Abu Fathi.

Total keseluruhan santri di Kuttab Al-Fatih Depok sebanyak 617 santri. Adapun jumlah guru, manajemen, dan pegawai sebanyak 144 orang.

2) Kuttab Al Fatih Jakarta Timur

Kuttab Al-Fatih cabang Jakarta Timur terletak di kelurahan Ceger kecamatan Cipayung. Berdiri satu tahun setelah Kuttab Al-Fatih Depok, tepatnya tahun 2013. Saat ini di Kuttab Al-Fatih Jakarta Timur terdapat 151 santri yang terbagi menjadi 15 kelas. Kuttab Al-Fatih Jakarta Timur memiliki empat lokasi gedung untuk menunjang kegiatan belajar mengajarnya.

3) Kuttab Al Fatih Bogor

Kuttab Al-Fatih Bogor terletak di Jln. Bima Raya Ujung Perumahan Bumi Indraprasta 1, Kel. Cibuluh Kec. Bogor Utara. Kuttab Al-Fatih Bogor, lokasinya sangat strategis yaitu berada di tengah kota, yang asri dan nyaman cocok untuk pendidikan. Alamat Kuttab Al-Fatih Bogor sangat mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat. Kuttab Al-Fatih Bogor berdiri empat tahun setelah Kuttab Al-Fatih Depok (Pusat), tepatnya tahun 2016. Saat ini Kuttab Al-Fatih Bogor terdapat 84 san, guru Iman dan Al-Qur’an.

4) Kuttab Al Fatih Bekasi

Merupakan cabang yang hadir di tahun kedua Kuttab Al Fatih di Indonesia, tepatnya berdiri tahun 2013. Kuttab Al Fatih Bekasi beralamat di Jl H.Awi No 6 jatiluhur, jatiasih, Bekasi Jawa barat.

Diawal didirikan, Kuttab Al Fatih Bekasi bertempat di ruko Perumahan Puri Gading. Namun, dikarenakan peminat pendaftar untuk santri baru di tahun kedua yang sangat besar, akhirnya dengan kemudahan dari Allah, Kuttab Al Fatih Bekasi pun berpindah dengan memiliki gedung sendiri tepatnya di Kampung Pedurenan. Saat ini di Kuttab Al-Fatih Bekasi terdapat 217 santri yang terbagi menjadi 18 kelas. Jumlah guru dan karyawan Kuttab Al-Fatih Bekasi saat ini sebanyak 42 orang,

5) Kuttab Al Fatih Tangerang Selatan

Diawali di tahun 2014 dari kegundahan 4 pasutri akan pendidikan anak-anak meraka yang merasa belum menemukan sekolah yang tepat. Di sisi lain, ada sebuah lembaga yang insyaa Allah dirasa sangat sesuai harapan mereka namun lokasi yang cukup jauh membuat mereka bermimpi “mengadakan” sekolah itu di wilayah mereka.

Awal tahun 2015 menjadi langkah nyata usaha mereka dengan dimulainya mendirikan Yayasan Al Fatih Bintaro untuk mengajukan permohonan menjadi cabang Kuttab Al Fatih. Biidznillah, dengan segala kelemahan dan kekurangan namun berbekal semangat, Oktober 2015 Allah Ta’ala mengizinkan mimpi itu menjadi kenyataan, ketika akhirnya mereka bagian dari keluarga besar Kuttab Al Fatih cabang ke 13. Alhamdulillah kini KAF Tangerang Selatan menapaki tahun ke -2, dengan jumlah 8 kelas (96 santri).

6) Kuttab Al Fatih Kota Tangerang

Kuttab Al-Fatih cabang Kota Tangerang terletak sekitar kurang lebih 200 meter dari situ atau Danau Cipondoh, tepatnya di Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh, Gang Parit 2 RT 06/010, atau masuk ke perumahan Buana Permai, dekat Masjid Al Muhajirin. Tempat yang sangat indah, sejuk dan jauh dari keramaian kendaraan sehingga sangat baik dan kondusif dalam pembelajaran.

Berdiri tiga tahun setelah Kuttab Al-Fatih Depok, tepatnya tahun 2015. Saat ini di Kuttab Al-Fatih Kota Tangerang terdapat 127 santri yang terbagi menjadi 12 kelas. Jumlah guru dan karyawan Kuttab Al-Fatih Kota Tangerang saat ini sebanyak 32 orang.

Cabang Kuttab Al-Fatih Jawa Barat

1) Bandung

Kuttab Al-Fatih Bandung resmi di-launching pada bulan Februari 2015 di wilayah Dayeuh Pamokolan Kecamatan Cimenyan dengan dihadiri orangtua-orangtua calon santri, guru-guru Kuttab, aparat kepolisian Polsek Cimenyan, perwakilan dari pemerintahan desa Cimenyan dan dari pihak MUI Kelurahan Cimenyan serta tokoh-tokoh warga dan tokoh-tokoh keagamaan Cimenyan.

Lokasi Kuttab Al-Fatih bandung yang berada di dataran tinggi yang sejuk di perbukitan dan harus melalui banyak tanjakan dan jalan terjal, menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua yang mengantarkan anak nya dari Kota Bandung dan sekitarnya.

Kuttab Al-Fatih Bandung saat ini alhamdulillah sudah mempunyai unit di Gedebage yang sudah berjalan pada tahun 2017 ini dengan jumlah santri 48 anak dalam 4 kelas dengan jumlah guru dan karyawan sebanyak 12 orang. Jumlah keseluruhan santri Kuttab Al Fatih Bandung saat ini sebanyak 140 santri dengan sebaran tempat tinggal santri berasal dari kabupaten dan kota Bandung.

2) Kuttab Al Fatih Purwakarta

Kuttab Al Fatih Purwakarta tercatat sebagai cabang Kuttab Al Fatih pertama yang dibuka bersamaan dengan Kuttab Al Fatih Depok. Terletak 12 km dari pusat kota Purwakarta, Kuttab Al Fatih Purwakarta berada di daerah yang berbukit di tepi jalan Terusan Kapten Halim, Desa Salammulya Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta. Hal ini menjadikan lingkungan belajar Kuttab Al Fatih Purwakarta sedikit berkontur sehingga setiap warga Kuttab harus terbiasa menaiki atau menuruni puluhan anak tangga saat beraktifitas di Kuttab.

Laju Industri yang didominasi tujuan kemakmuran dunia menjadikan banyak keresahan yang harus segera dijawab terutama keresahan bagaimana untuk mendidik generasi yang kokoh dalam hal keimanan dan berorientasi akhirat. Tantangan ini mencoba dijawab oleh sekelompok pendahulu Kuttab Al Fatih Purwakarta yang menggagas pendidikan dengan kurikulum kuttab untuk anak-anak mereka sendiri. Hingga saat ini jumlah santri yang belajar di Kuttab Al Fatih Purwakarta sebanyak 137 santri. Jumlah guru yang mengajar saat ini 40 orang yang terbagi menjadi guru Iman dan Alqur’an.

Nah agar tak terlalu panjang, perkenalan dengan Kuttab Al Fatih kita cukupkan sampai di sini dulu, Tapi tenang, info cabang lengkap bisa dibaca pada pada artikel kedua: Kuttab Al Fatih, Model Pendidikan Generasi Rabbani di Indonesia (2) (NSR)

Note: Sumber tulisan dan foto diambil dari situs dan media sosial Kuttab Al Fatih.

Baca juga: Hadits-hadits Akhir Zaman

*Novia Syahidah*



Penulis yang identik dengan karya bermuatan lokal dengan mengangkat tema sejarah dan budaya, aktif menulis di berbagai media massa cetak seperti koran dan majalah sejak tahun 2002. Telah menulis 9 buku pribadi dan 20 lebih buku kolaborasi. Terakhir menulis cerita bersambung di sebuah majalah wanita Islam.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Share yuk untuk berbagi manfaat pada yang lain!

  • Follow by Email
  • Facebook
  • Twitter
  • Telegram